Sandar di Jakarta, KRI dr. Radjiman siap kirim bantuan untuk Gaza

id KRI dr. Radjiman,Rumah sakit bantu,pengiriman bantuan Gaza,TNI Angkatan Laut,TNI AL

Sandar di Jakarta,  KRI dr. Radjiman siap kirim bantuan untuk Gaza

Dua kapal tunda (tugboat) membantu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sandar di dermaga Mako Kolinlamil TNI AL, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sandar di dermaga Markas Komando Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut, Jakarta, Kamis, dalam persiapan mengirim bantuan untuk rakyat Palestina di Gaza, sekaligus menyediakan layanan kesehatan.

Kapal perang yang juga berfungsi sebagai rumah sakit bantu itu berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, dan telah dicat putih sebagaimana diatur dalam ketentuan internasional, yaitu Konvensi Jenewa dan San Remo Manual, bahwa kapal rumah sakit untuk misi kemanusiaan dicat warna putih agar tidak menjadi sasaran tembak mereka yang berperang.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana di Jakarta, Kamis, menjelaskan KRI dr. Radjiman saat ini mengangkut bantuan yang dihimpun TNI AL sejak bulan lalu.

Bantuan sebanyak 80 truk yang di antaranya terdiri atas pampers (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mie instan (470 kardus). Jumlahnya jika dikelompokkan sesuai wadahnya, ada 4.080 kardus, 2.732 karung, 500 boks, dan 1.254 galon.
 
Tiga prajurit TNI AL menarik tali tambang untuk membantu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 sandar di dermaga Mako Kolinlamil TNI AL, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (30/11/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


“TNI AL sejak bulan lalu memusatkan pengumpulan bantuan untuk misi kemanusiaan bagi rakyat Palestina di Koarmada (Komando Armada) II Surabaya dan Kolinlamil Jakarta,” kata Kadispenal.

Walaupun demikian, TNI AL belum dapat menjelaskan informasi teknis dan jadwal keberangkatan, karena masih menunggu izin dari Pemerintah Mesir, mengingat wilayah Mesir di Sinai, yaitu El Arish, menjadi titik tempat pengumpulan bantuan ke Gaza, sekaligus lokasi terdekat untuk menuju perbatasan, tepatnya di Rafah.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KRI dr. Radjiman sandar di Jakarta bersiap kirim bantuan untuk Gaza
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024