Australia serahkan film dokumenter kemerdekaan kepada Indonesia

id Australia, Film dokumenter, Kemerdekaan, Indonesia

Australia serahkan film dokumenter kemerdekaan kepada Indonesia

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM menyerahkan salinan digital film dokumenter era kemerdekaan kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta, Selasa (5/12/2023). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams menyerahkan salinan digital film dokumenter bersejarah "Pandit Nehru Visits Indonesia" kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam sebuah acara serah terima di Jakarta pada Selasa (5/11).

"Kami merasa terhormat dapat menyerahkan salinan film 'Pandit Nehru Visits Indonesia' kepada ANRI. Film dokumenter ini merupakan rekaman berharga dari sebuah momen penting dalam sejarah Indonesia," kata Dubes Penny pada acara tersebut.

Film dokumenter yang diproduksi oleh Perusahaan Film Negara (PFN) tersebut mencatat sejumlah peristiwa penting selama tahun-tahun awal setelah kemerdekaan Indonesia.

Film tersebut merekam peristiwa ketika presiden Soekarno menerima kunjungan perdana menteri India Jawaharlal Nehru ke Indonesia pada tahun 1950an dan memotret sejarah luar biasa hubungan Indonesia dan India pada saat itu.

Secara khusus, film tersebut juga menunjukkan dukungan India terhadap kemerdekaan Indonesia, yang kemudian disusul dengan dukungan dari Pemerintah Australia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Australia serahkan film dokumenter era kemerdekaan kepada Indonesia