Tiga prodi UAD raih sertifikasi AUN

id uad,milad

Tiga prodi UAD raih sertifikasi AUN

Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Prof Dr Muchlas MT pada upacara Milad Ke-63 UAD. (ANTARA/HO-UAD)

Yogyakarta (ANTARA) - Tiga program studi (prodi) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta meraih sertifikasi ASEAN University Network (AUN) sebagai upaya untuk memulai perolehan peringkat akreditasi internasional.

"Tiga prodi itu yakni S1 Bimbingan Konseling, S1 Farmasi, dan S1 Psikologi," kata Rektor UAD Prof Dr Muchlas MT pada upacara Milad Ke-63 UAD di Amphitarium Lantai 9 Kampus 4 UAD Yogyakarta, Selasa.

Selain itu, menurut dia, sejumlah prodi sedang dalam proses pengajuan akreditasi internasional melalui Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programs (AQAS) pada klaster sains dan humaniora.

"Prodi-prodi yang mengambil klaster sains adalah S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika, dan S1 Pendidikan Biologi, sedangkan prodi-prodi yang mengambil klaster humaniora yakni S1 Bimbingan Konseling, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S2 Pendidikan Agama Islam," katanya.

Muchlas menambahkan, UAD pada tahun 2023 telah meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat Unggul. Capaian ini tentu saja sangat membahagiakan dan wajib disyukuri oleh seluruh sivitas akademika UAD.

"Kebahagiaan lainnya juga muncul karena pada tahun yang sama terdapat 10 prodi yang memperoleh akreditasi Unggul," katanya.

Perolehan peringkat tersebut, menurut dia, dilaksanakan melalui mekanisme pendampingan akreditasi, monev penyusunan dokumen akreditasi, dan pendampingan penyusunan dokumen Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

"Upaya ini terus dilakukan agar semua prodi di UAD memperoleh akreditasi Unggul," kata Muchlas.