Dispar Bantul prediksi kunjungan 400 ribu wisatawan selama libur akhir tahun

id Dinas Pariwisata ,Kunjungan wisata Bantul ,Libur Natal dan Tahun Baru

Dispar Bantul prediksi kunjungan 400 ribu wisatawan selama libur akhir tahun

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Kwintarto Heru Prabowo. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memprediksikan kunjungan wisatawan ke semua destinasi wisata daerah ini mencapai 400 ribu orang selama sekitar 10 hari libur akhir tahun bertepatan dengan libur Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

"Wisatawan ke objek wisata beretribusi maupun di luar retribusi bisa jadi sebanyak 400 ribu orang di 10 hari terakhir akan masuk ke Bantul, bisa jadi lebih, ini prediksi kami," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Rabu.

Dia mengatakan, prediksi kunjungan wisatawan ke Bantul tersebut dihitung berdasarkan pada momen hari libur akhir tahun ini yang juga berbarengan liburan sekolah, dan cuti bersama dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut dia, untuk di objek-objek wisata yang beretribusi yakni di sepanjang pantai selatan Bantul mulai dari Pantai Parangtritis di sisi timur hingga Pantai Baru di sisi barat, diperkirakan akan dikunjungi wisatawan sekitar 10 ribu sampai 12 ribu orang per hari.

"Sehingga nanti mulai 22 Desember sampai 1 Januari 2024 prediksi kami kurang lebih antara 120 ribu sampai 150 ribu orang masuk ke seluruh objek wisata beretribusi, sedangkan destinasi dengan kunjungan terbesar masih di Pantai Parangtritis," katanya.

Dia mengatakan, sementara sisanya wisatawan yang masuk ke Bantul mengunjungi desa-desa wisata maupun sentra kuliner maupun taman wisata yang memang tidak diberlakukan retribusi masuk. Kunjungan ke objek wisata ini diprediksi lebih besar tiga kali lipat.

"Seperti di desa wisata termasuk usaha jasa pariwisata dan di tempat lain ini saya kira dua sampai tiga kali lipat lebih banyak dari pada yang datang ke objek yang beretribusi, sehingga prediksi kami kunjungannya antara 400 ribu sampai 500 ribu orang," katanya.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, dalam mengantisipasi lonjakan wisata yang berdampak pada antrean panjang arus wisatawan masuk ke kawasan wisata, Dinas Pariwisata akan menerjunkan beberapa personel lapangan.

"Kami bekerja sama dengan stakeholder terkait untuk menerjunkan para personel dari unsur Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, jajaran Polres, Polairud, Polsek, Satpol PP, Tim SAR, Koramil dan Salah Bhayangkara," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bantul prediksi kunjungan 400 ribu wisatawan selama libur akhir tahun