Wagub DIY meresmikan Kampung Emas di Sleman

id Kampung Emas Sleman ,Wagub DIY,Paku Alam X,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman

Wagub DIY meresmikan Kampung Emas di Sleman

Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X didampingi Rektor UNY Sumaryanto dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meresmikan "Kampung Emas" di Dusun Krapyak IX, Kalurahan Margoagung, Seyegan, Kabupaten Sleman, Sabtu (23/12/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) KGPAA Pakualam X meresmikan Kampung Emas yang merupakan program studi ilmiah rintisan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Dusun Krapyak IX, Kalurahan Margoagung, Seyegan, Kabupaten Sleman, Sabtu.

Peresmian Kampung Emas ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X didampingi Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Rektor UNY Sumaryanto mengatakan, pembentukan desa wisata Kampung Emas ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas masyarakat terutama dalam bidang pendidikan, seni, olahraga, dan ekonomi.

"UNY bersinergi dengan sejumlah lembaga seperti Garda Peduli Anak Panti (GPAP), Tim Penggerak PKK, Darma Wanita, DPP IKA UNY serta bersama dengan Pemda DIY dan Pemkab Sleman dalam membangun Desa Margoagung menjadi Kampung Emas yang berpusat di Dusun Krapyak IX," katanya.

Menurut dia, dibentuknya Kampung Emas ini juga menjadi komitmen UNY untuk bersama-sama mengembangkan dan memastikan keberlangsungan potensi yang ada di masyarakat pedesaan.

"Penerapan program Kampung Emas ini diimplementasikan dalam sembilan program yang dinamai program berkah, terdiri dari pendidikan berkah, seni berkah, olahraga berkah, kuliner berkah, tahu berkah, sayur buah tani berkah, mendo berkah, mino berkah dan unggas berkah," katanya.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap program yang diinisiasi UNY.

Menurut dia konsep ini relevan dengan akselerasi pembangunan desa dimana di dalamnya ada entitas kampung untuk mengejar kemajuan perkotaan.

"Program Kampung Emas ini juga selaras dengan reformasi kalurahan yang saat ini tengah dilaksanakan Pemda DIY dan kabupaten/kota se-DIY," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa program Kampung Emas ini merupakan realisasi kolaborasi dan sinergi pentahelix  antara pemerintah-swasta-akademisi dan masyarakat dapat berjalan dengan baik dalam rangka menciptakan masyarakat yang maju dan sejahtera.

"Pemkab Sleman berkomitmen untuk terus meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan UNY serta dengan berbagai lembaga kemasyarakatan agar bisa mengoptimalkan pengembangan Kampung Emas ini," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengoptimalkan pengembangan Kampung Emas ini Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan serta Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Sleman siap melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk mendukung Kampung Emas ini menjadi "center point" aktivitas di Wilayah Sleman Barat.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur DIY didampingi Bupati Sleman berkesempatan meninjau secara langsung sejumlah lokasi yang menjadi pusat berbagai kegiatan masyarakat yang merupakan bagian dari program Kampung Emas.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024