Polda DIY sterilisasi lima gereja di Bantul menjelang perayaan Natal

id Sterilisasi gereja ,Perayaan Natal ,Jaga kondusiftas

Polda DIY sterilisasi lima gereja di Bantul menjelang perayaan Natal

Sterilisasi gereja jelang perayaan Natal Tahun 2023 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Tim Unit Penjinak Bom Satbrimob Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan sterilisasi lima gereja di Kabupaten Bantul sehari menjelang perayaan Natal 2023.

"Sterilisasi ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Polri untuk masyarakat dengan tujuan menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama perayaan Natal 2023," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan pers di Bantul, Minggu.

Dia mengatakan lima gereja di Bantul yang dilakukan sterilisasi, yaitu Gereja Katholik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Gereja Katholik Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik Santo Yakobus Klodran, Gereja Katholik Salib Suci Gunung Sempu, dan Gereja Santa Theresia Sedayu.

Kegiatan sterilisasi gereja oleh polisi yang dibantu tim dari Unit Jibom Satbrimob Polda DIY itu dengan menyisir seluruh area gereja menggunakan metal detektor serta mirror detektor sebagai langkah antisipasi.

"Petugas menyisir setiap sudut area gereja, mulai dari tempat duduk jemaat, altar gereja, pohon natal, alat musik, serta tempat-tempat lain," katanya.

Sia mengatakan dari hasil pengecekan pada kegiatan sterilisasi gereja, tidak ditemukan barang-barang berbahaya, baik bahan peledak maupun barang berbahaya lain.

"Sejauh ini situasi kondusif, masih terjaga dan tidak ditemukan hal-hal yang mencurigakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan," katanya.

Dia berharap situasi kondusif di wilayah Kabupaten Bantul selama perayaan Natal 2023 selalu terjaga dan masyarakat yang merayakan Natal dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal 2023 Gereja Santo Yakobus Klodran Agung Santoso mengapresiasi kegiatan sterilisasi dari pihak kepolisian dan keamanan dalam rangkaian perayaan Natal 2023.

"Apresiasi atas kunjungan pihak kepolisian terkait sterilisasi maupun keamanan dalam rangkaian Natal 2023, semoga acara Natal dapat berjalan dengan lancar serta aman sehingga umat dapat melaksanakan dengan baik dan khusuk," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024