Tim Jibom Gegana Polda DIY sterilisasi sejumlah gereja di Kota Yogyakarta

id sterilisasi,jibom,Paskah 2024,gereja

Tim Jibom Gegana Polda DIY sterilisasi sejumlah gereja di Kota Yogyakarta

Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan sterilisasi sejumlah gereja di wilayah Kota Yogyakarta, Kamis (28/3/2024) (ANTARA/HO-Polresta Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan sterilisasi sejumlah gereja di wilayah Kota Yogyakarta, Kamis.

Kasubbag Dalops Polresta Yogyakarta AKP Fitri Anto Heri Nugroho yang mendampingi proses sterilisasi di Gereja Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kota Yogyakarta menyebut sterilisasi dalam rangka menciptakan suasana perayaan Paskah 2024 yang aman.

"Sterilisasi ini merupakan standar operasional prosedur sebelum dilaksanakan pengamanan di gereja," ujar Fitri.

Dia mengatakan sterilisasi dilakukan di setiap ruangan gereja, termasuk mimbar, pot bunga, lukisan, ruang ibadah, hingga lingkungan gereja bagian luar dengan menyasar bahan peledak dan barang barang berbahaya lainnya yang dapat mengancam keselamatan manusia.

Fitri menuturkan situasi sterilisasi berlangsung aman dan tertib, serta tidak ditemukan benda-benda mencurigakan atau berbahaya di dalam maupun luar gereja.

"Setelah diperiksa dan dipastikan aman maka akan diserahterimakan kepada personel pengamanan dari polsek setempat," ujar dia.

Sejumlah gereja di wilayah Kota Yogyakarta yang disterilkan pada Kamis (28/3), kata dia, antara lain Gereja Albertus AM Sangaji Jetis, Gereja Sawo Kembar Gondokusuman, Gereja Kotabaru Gondokusuman, Gereja Loji Kecil Gondomanan, Gereja Pugeran Mantrijeron, serta Gereja Bintaran Mergangsan.