KPU Bantul menerima kiriman surat suara Pilpres

id Logistik Pemilu

KPU Bantul menerima kiriman surat suara Pilpres

Surat suara Pilpres tiba di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.(Foto ANTARA/HO/Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), menerima kiriman logistik Pemilu 2024 berupa surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) sebanyak 758.449 lembar.

"Pada hari Rabu (27/12) KPU Bantul telah menerima logistik surat suara Pemilu presiden dan wakil presiden sebanyak 381 boks dengan total 758.449 lembar surat suara ditambah 1.000 lembar untuk pemungutan suara ulang," kata Ketua KPU Bantul Joko Santoso dalam keterangannya di Bantul, Rabu.

Menurut dia, semua logistik surat suara tersebut sudah diterima dalam keadaan baik, dan sudah dibuka sesuai dengan fakta yang dipesan. Logistik pemilu kemudian disimpan bersama logistik Pemilu lainnya di Gudang Logistik KPU Bantul.

Dia mengatakan, setelah menerima kiriman logistik surat suara dari rekanan tersebut, kemudian pihaknya akan melakukan sortir lembar surat suara yang dijadwalkan pada awal Januari 2024.

"Sortir dan lipat surat suara akan kita lakukan di sekitar tanggal 4-5 Januari 2024," katanya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, proses distribusi logistik pemilu tersebut mendapatkan pengamanan ketat dari jajaran kepolisian Bantul.

"Kami telah bersinergi dengan KPU beserta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan siap memberikan pengamanan ketat dalam seluruh proses distribusi tersebut sampai tuntas, sebagai upaya menyukseskan Pemilu 2024," katanya.

Dia mengatakan, pada Rabu (27/12), logistik yang didistribusikan adalah surat suara sebanyak 758.449 lembar surat suara ditambah 1.000 lembar surat suara, untuk mengantisipasi juga ada pemungutan suara ulang (PSU).

Seluruh logistik Pemilu 2024 yang diterima KPU Bantul termasuk surat suara Pilpres yang diterima saat ini disimpan di gudang logistik KPU yang terletak di Jalan Parangtritis, Gabusan, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

"Sudah kami tempatkan personel Polres Bantul untuk melakukan penjagaan sebagai antisipasi gangguan keamanan di lokasi. Selain itu, kami juga menerjunkan regu patroli dari Satuan Samapta Polres Bantul pada jam-jam rawan kejahatan," katanya.