BTS 4G dan stasiun bumi SATRIA-1 akan diresmikan Jokowi

id SATRIA-1, BTS 4G, Infrastruktur digital, transformasi digital, BAKTI Kominfo,satria,satria 1,stasiun bumi

BTS 4G dan stasiun bumi SATRIA-1 akan diresmikan Jokowi

Peluncuran SATRIA-1 pada tanggal 19 Juni 2023 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat yang disaksikan dari Jakarta. (ANTARA/HO-Kemenkominfo)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Presiden Joko Widodo bakal meresmikan dua infrastruktur digital yaitu stasiun bumi untuk Satelit Republik Indonesia-1 (SATRIA-1) dan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Kamis 28 Desember 2023.

“Bapak Presiden Joko Widodo besok meresmikan pengoperasian stasiun bumi SATRIA-1 serta 4.988 BTS 4G yang telah rampung dibangun BAKTI Kominfo di daerah tertinggal, terdepan, terluar,” kata Budi di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Stasiun bumi SATRIA-1 dan BTS 4G yang diresmikan berada di Provinsi Sulawesi Utara. Stasiun bumi SATRIA-1 menempati posisi di Desa Matungkas, Kabupaten Minahasa Utara, sedangkan peresmian BTS 4G berada di Desa Bowombaru Utara, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: Presiden dijadwalkan meresmikan BTS 4G BAKTI pada 28 Desember

Menkominfo Budi Arie mengatakan peresmian BTS 4G direncanakan berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan melakukan video konferensi jarak jauh dari berbagai titik yang terhubung dengan Presiden RI dari Kepulauan Talaud.

Pada perencanaan pembangunan BTS 4G untuk daerah terpencil, terdepan dan terluar (3T), Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) Kemenkominfo membagi pembangunan infrastruktur tersebut menjadi dua tahap.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo: Presiden akan resmikan stasiun bumi SATRIA-1 dan BTS 4G
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024