Guru Besar IPB sebut Kampung KB kekuatan Indonesia di dunia

id Kampung KB,Guru Besar IPB,Keluarga berencana,Kependudukan

Guru Besar IPB sebut Kampung KB kekuatan Indonesia di dunia

Ilustrasi-Sejumlah ibu antre untuk mengikuti konsultasi saat program sosialisasi Bangga Kencana yang dilakukan BKKBN Banten di Desa Sangiang Tanjung, Lebak, Banten, Selasa (7/11/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.)

Jakarta (ANTARA) -
Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Rizal M. Damanik menyampaikan bahwa kampung keluarga berkualitas (KB) menjadi kekuatan Indonesia di mata dunia untuk menunjukkan keberhasilan di bidang kependudukan.
 
Saat dihubungi di Jakarta pada Senin, Mantan Deputi bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ini mengemukakan bahwa mesti ada inovasi untuk mengenalkan program kependudukan di Indonesia, salah satunya lewat bincang bersama duta besar atau Ambassador's Talk.
 
"Saya saat menjadi deputi ingin membiasakan telinga orang-orang BKKBN dengan bahasa Inggris, jadi program Ambassador's Talk ini kita lakukan secara konsisten, kemudian setelah para duta besar itu menjadi narasumber, kita ajaklah mereka berkeliling ke kampung KB," katanya.
 
Ia memaparkan, program Ambassador's Talk telah mengundang beberapa duta besar, di antaranya Belanda dan Australia.
 
 
"Kita setiap bulan mengadakan program Ambassador's Talk, kita undang duta-duta besar Australia sebagai pembicara di Indonesia, begitu juga sebaliknya, duta besar Indonesia yang ada di Australia juga berbicara," ujar dia.
 
"Duta besar Belanda juga kita undang, Belanda ini kan terkenal sebagai negara yang seks bebas, jadi kita fokuskan ke situ, maksudnya seks bebas itu bagaimana, kesehatan reproduksi di sana bagaimana," imbuhnya.
 
Ia menyebutkan, setiap tahun minimal ada 12 negara yang diundang untuk berbicara di BKKBN 12 terkait kesehatan reproduksi, dan topik-topik tentang keluarga lainnya.
 
"
 
 
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Guru Besar IPB: Kampung KB jadi kekuatan Indonesia di mata dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024