Jepang janjikan bantuan dana untuk Ukraina via NATO

id Jepang,Ukraina,NATO,Pakta Pertahanan Atlantik Utara

Jepang janjikan bantuan dana untuk Ukraina via NATO

Arsip - Negara-negara Uni Eropa disebutkan telah memberi Ukraina 220.000 peluru artileri dan 1.300 rudal sejak Maret 2023. (ANTARA/Xinhua)

Kiev (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina pada Minggu (7/1), dan menjanjikan kontribusi sebesar 37 juta dolar AS (Rp574 miliar) kepada dana Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Dana itu ditujukan untuk memberikan dukungan tambahan bagi pertahanan negara Eropa Timur itu dalam menghadapi invasi Rusia yang sedang berlangsung.

Kamikawa, yang mengunjungi Ukraina untuk pertama kalinya sejak menjabat pada September, mengatakan bahwa Jepang akan mengirimkan sistem deteksi pesawat tak berawak dan memberikan bantuan lainnya melalui pendanaan terbaru. 

Pernyataan itu ia keluarkan dalam konferensi pers di Kiev, ibu kota Ukraina, bersama Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba setelah mereka melakukan pembicaraan.

Tokyo juga akan memberi Kiev lima pembangkit listrik turbin gas bergerak untuk membantu warga Ukraina bertahan saat musim dingin yang parah, kata Kamikawa.

Ia juga menyatakan tekad kuat Jepang untuk "terus mendukung Ukraina sehingga perdamaian dapat dipulihkan."

Kamikawa berkunjung ke Kiev menjelang pelaksanaan konferensi yang diselenggarakan kedua negara di Tokyo, ibu kota Jepang, pada 19 Februari untuk membahas rekonstruksi Ukraina, yang telah mengalami kehancuran di mana-mana sejak invasi Rusia pada Februari 2022.


Sumber: Kyodo-OANA 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu Jepang kunjungi Ukraina, janjikan bantuan dana melalui NATO
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024