Denmark setujui Ukraina pakai senjatanya untuk serang Rusia

id Ukraina,Denmark,senjata,F-16,Rusia

Denmark setujui Ukraina pakai senjatanya untuk serang Rusia

ilustrasi pesawat tempur F-16 AS/ANTARA/Anadolu/PY

Moskow (ANTARA) - Militer Ukraina boleh menggunakan jet-jet tempur F-16 yang dipasok Denmark untuk melakukan serangan ke Rusia, termasuk ke Kursk, kata Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen, Sabtu (31/8).

Izin itu sebelumnya juga disebutkan pada awal Agustus oleh Menteri Luar Negeri Denmark Lokke Rasmussen.

Ketika itu, Rasmussen mengatakan angkatan bersenjata Ukraina punya hak untuk menyerang wilayah Rusia dengan menggunakan persenjataan yang dikirim Denmark.

"Kami tidak memberlakukan pembatasan pada F-16. Harus sesuai dengan hukum internasional... Kami memberikan jet-jet ini tanpa pembatasan (selain) sesuai dengan hukum internasional," kata PM Fredriksen, saat menjawab pertanyaan pada Forum GLOBSEC.

Perdana menteri Denmark itu mengatakan para pemimpin negara-negara Eropa perlu berhenti bicara soal membatasi Ukraina dalam menggunakan persenjataan.

Frederiksen juga mendesak negara-negara anggota Uni Eropa untuk menganggarkan lebih banyak dana untuk pertahanan agar Eropa bisa menjaga keamanannya sendiri.

Denmark dan Belanda berada di antara negara-negara pertama yang setuju memasok pesawat tempur F-16 bagi Ukraina.


Sumber: Sputnik-OANA

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Denmark izinkan Ukraina gunakan senjata kirimannya untuk serang Rusia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024