Jaga pariwisata berkelanjutan dengan gotong royong

id NCPI Bali ,diskusi pariwisata berkelanjutan,pariwisata Bali

Jaga pariwisata berkelanjutan dengan gotong royong

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun saat membuka acara FGD bertajuk "Ngerombo Pengembangan Pariwisata Bali berkelanjutan, Tantangan dan Solusinya" di Denpasar, Rabu (10/1/2024). ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

Denpasar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengajak semua pihak di provinsi itu untuk "ngerombo" atau bergotong-royong untuk menjaga agar pariwisata Bali dapat berkelanjutan.

"Perubahan yang terjadi dalam iklim kepariwisataan Bali menuntut keterlibatan semua pihak untuk ikut menjaga keberlangsungan pariwisata Bali," kata Mahendra Jaya dalam sambutannya dibacakan oleh Kadis Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut saat membuka FGD bertajuk "Ngerombo Pengembangan Pariwisata Bali berkelanjutan, Tantangan dan Solusinya" yang digelar oleh Nawa Cita Pariwisata Indonesia (NCPI) Provinsi Bali itu.

"Berbagai kejadian yang terjadi dalam dunia kepariwisataan akhir-akhir ini, perlu menjadi perhatian kita semua, tidak hanya pemerintah dan pelaku yang terjun langsung di pariwisata. Tetapi semua komponen termasuk akademisi, masyarakat serta peranan media menjadi sangat penting," ucapnya.

Dengan demikian, lanjut Mahendra Jaya, nantinya pariwisata bisa tetap dinikmati oleh anak cucu kita.

"Di sinilah kita perlu 'ngerombo' secara bersama-sama, sehingga hal-hal buruk bisa dicegah lebih dini. Pengawasan tidak hanya dilaukan oleh pemerintah, masyarakat luas harus juga bisa melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitarnya," ujarnya.

Mahendra Jaya menambahkan, yang tidak kalah penting jangan sampai permasalahan itu timbul akibat ulah dari masyarakat Bali

"Sebagai tuan rumah maka tugas kita adalah menjaga, melestarikan seluruh potensi pariwisata yang telah kita miliki, kemudian memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh wisatawan, sesuai dengan adat budaya yang kita miliki sehingga wisatawan bisa merasa aman dan nyaman berwisata di Bali," ucapnya.

Selanjutnya harus dilakukan pengawasan terhadap oknum-oknum yang ditengarai bisa merusak citra pariwisata Bali.

"
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024