Kemendag revitalisasi pasar tematik di jalur wisata

id Pasar tematik Trenggalek, pasar Sebo Trenggalek, jalur wisata Pantai Prigi, revitalisasi pasar ,Pasar Trenggalek

Kemendag revitalisasi pasar tematik di jalur wisata

Suasana di Pasar Sebo, Desa Slawe, Trenggalek. ANTARA/Dokumentasi pribadi

Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Kementerian Perdagangan menyetujui revitalisasi atau penataan ulang dan rehabilitasi Pasar Sebo, yang berada di jalur wisata Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, sebagai pasar tematik dengan visi menunjang pariwisata daerah.

"Sebenarnya ada empat pasar tradisional yang kami usulkan (revitalisasi), namun dalam prosesnya Kemendag menyetujui untuk revitalisasi pasar tematik dan itu yang diloloskan adalah Pasar Sebo karena lokasinya yang berada di jalur wisata Pantai Prigi," kata Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Komidag) Kabupaten Trenggalek Saniran di Trenggalek, Jatim, Rabu.

Tiga pasar lain yang juga diusulkan untuk mendapat program revitalisasi adalah Pasar Ngares, Pasar Sukosari, dan Pasar Tugu tahap dua.

Tiga pasar itu akan diusulkan kembali untuk mendapat giliran revitalisasi pada tahun anggaran berikutnya.

Saniran menjelaskan pasar tematik adalah pasar yang dikembangkan sesuai dengan tema atau fokus tertentu yang jadi ikon pasar.

Pasar Sebo dipilih karena lokasinya ada di daerah wisata, selain itu pasar itu juga berada di Jalan Trenggalek-Tulungagung, yang menjadi mobilitas wisatawan.

"Kami usulkan Rp3 miliar, semoga saja bisa realisasi karena memang usulannya ini lewat aplikasi dan kuotanya terbatas," katanya.

Dengan konsep yang lebih cantik dan penataan yang bernuansa agronomik, Pasar Sebo yang berlokasi di Desa Slawe Kecamatan Watulimo nantinya harus mampu menunjang daya tarik wisatawan.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024