Pemkab Bantul fokuskan APBD pada peningkatan infrastruktur dan SDM

id Pemkab Bantul ,Fokuskan infrastruktur ,Pembangunan SDM

Pemkab Bantul fokuskan APBD pada peningkatan infrastruktur dan SDM

Kantor Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memfokuskan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) pada peningkatan infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Ke depan kita akan memfokuskan APBD pada peningkatan infrastruktur dan pembangunan SDM, karena belanja modal infrastruktur memiliki pengaruh besar terhadap peningkatan investasi dan ekonomi," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada Rakor Pengendalian Pembangunan Daerah Bantul Triwulan IV Tahun 2023 di Bantul, Selasa.

Bupati mengatakan, sedangkan pada sektor pembangunan sumber daya manusia berpengaruh terhadap peningkatan daya saing dan kemajuan masyarakat Kabupaten Bantul.

Oleh karena itu, Bupati mengajak para pimpinan perangkat daerah untuk mengubah paradigma dalam penyusunan rencana kerja, dari merencanakan kegiatan berubah menjadi merencanakan keberhasilan sehingga realisasi APBD akan efisien dan tepat guna.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, ada beberapa catatan dan rekomendasi, salah satunya mengoptimalkan sistem kerja untuk mengatasi kekurangan SDM dengan membentuk tim kerja dan penugasan lintas organisasi perangkat daerah (OPD), bagian dan bidang.

"Sinergi dan kolaborasi lintas sektor, antar wilayah sangat dibutuhkan dalam penanganan kemiskinan, Reformasi Kelurahan, dan penanganan lingkungan hidup," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Riset Inovasi dan Pengendalian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bantul Nur Indah Isnaini mengatakan, rakor digelar sebagai sarana penyusunan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, terciptanya Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan.

Dia mengatakan, kegiatan evaluasi kinerja perangkat daerah diharapkan menjadi salah satu motivasi perangkat daerah untuk melakukan refleksi, evaluasi, dan upaya terobosan untuk memastikan pencapaian dan peningkatan kinerja di tahun-tahun mendatang.

"Banyak hal yang telah dicapai pada 2023, diharapkan seluruh jajaran perangkat di Bantul terus dapat meningkatkan sinergitas, kolaborasi dan semangat kerjanya untuk meningkatkan capaian indikator kinerja pemerintah, sehingga pada tahun mendatang seluruh indikator kinerja dapat tercapai," katanya.