Pemkab Bantul imbau masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk tanam cabai

id Pertanian cabai ,Lahan pekarangan ,Ketahanan pangan masyarakat

Pemkab Bantul imbau masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk tanam cabai

Kantor Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat maupun petani daerah ini memanfaatkan lahan pekarangan masing masing untuk menanam tanaman pangan di antaranya cabai untuk mendukung ketahanan pangan.

"Menanam tidak harus di lahan pertanian, tetapi bisa di pot, di polibag juga. Jadi teknologi inilah yang bisa kita terapkan di lahan pekarangan," kata Staf Ahli Bupati Bantul Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yus Warseno di Bantul, Jumat.

Dia mengatakan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan masyarakat melalui pemanfaatan lahan pekarangan itu, Kabupaten Bantul juga mendapat bantuan bibit cabai dalam polibag dari Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang pada Kamis (15/2).

Menurut dia, program tersebut tidak hanya membagikan bibit cabai saja, tetapi juga nantinya masyarakat yang mengembangkan lahan pekarangan untuk pertanian mendapatkan pendampingan hingga panen oleh mahasiswa pertanian.

"Jadi, saat ini pertanian harus terus berinovasi, agar ketahanan pangan kita baik, serta kesejahteraan masyarakat semakin baik. Untuk itu pemberian tersebut harus dipergunakan sebaik-baiknya agar bisa memberikan manfaat," katanya.

Pihaknya juga berharap gagasan dan program binaan pertanian cabai pada polibag tersebut dilaksanakan di wilayah lain, agar mahasiswa semakin banyak praktik, dan masyarakat semakin teredukasi.

"Ini untuk mendukung kegiatan para petani di pekarangan, mendukung ketahanan pangan, total ada ribuan bibit cabai yang dibagikan untuk seluruh Yogyakarta, dan secara simbolis diterima Ketua PKK Bantul. Ini untuk ketahanan pangan keluarga di pekarangan masing masing," katanya.

Sementara itu, Direktur Polbangtan Yogyakarta-Magelang Bambang Sudarmanto mengatakan program ini tidak hanya membagikan bibit cabai saja, tetapi juga pendampingan hingga panen oleh mahasiswa jurusan pertanian.

"Kami memberikan bibit cabai pada masyarakat. Ini merupakan program yang diikuti dengan pendampingan hingga panen. Ini karena kami lihat masih banyak lahan pekarangan yang bisa dimanfaatkan untuk penanaman cabai ini, selain itu bisa sebagai praktik mahasiswa juga," katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024