Dinkes Gunungkidul memberikan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku IRT

id Dinkes Gunungkidul,Gunungkidul,IRT

Dinkes Gunungkidul memberikan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku IRT

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku industri pangan rumah tangga (IRT) di wilayah itu agar produknya diterima masyarakat luas.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty di Gunungkidul, Jumat, mengatakan penyuluhan ini bertujuan untuk membekali pelaku usaha terkait cara produksi pangan yang baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT).

"Kami berharap penyuluhan ini dapat mendorong pemenuhan komitmen Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)," kata Dewi.

Ia juga mengatakan pelaku industri rumah tangga dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam penyuluhan keamanan pangan (PKP) saat melakukan proses produksi.

"Dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan materi yang disampaikan dapat disosialisasikan ke rekan-rekan bagian produksi dan mohon senantiasa diterapkan di lapangan," kata Dewi.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Gunungkidul Fransiska Niken mengatakan ada tiga pilar sistem pengawasan pangan yang melibatkan pelaku usaha, pemerintah, dan masyarakat.

"Pengawasan pangan dapat berjalan secara maksimal jika dilakukan secara terpadu oleh tiga pilar pengawasan pangan,” katanya.

Kepala seksi kefarmasian Dinkes Gunungkidul Dono Panggarjito mengatakan setelah peserta mengikuti penyuluhan keamanan pangan, pelaku IRTP akan diperiksa sarana produksi dan rancangan label produknya oleh Dinas Kesehatan dalam rangka pemenuhan komitmen SPP-IRT.

Harapannya, pelaku industri rumah tangga mengutamakan higienis produk olahan. "Harapannya produk olahan makanan terjaga kesehatan dan kebersihannya, sehingga dapat diterima masyarakat luas," katanya.*
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024