Bupati Sleman: Pasar Godean baru lebih ramah difabel

id Pasar Godean ,Bupati Sleman

Bupati Sleman: Pasar Godean baru lebih ramah difabel

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau proyek pembangunan Pasar Godean, Kamis (22/2/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo menyebutkan tersedianya sejumlah fasilitas seperti lokasi kios, mushala, hingga toilet umum, menjadikan Pasar Godean baru lebih ramah bagi kaum difabel.

"Pembangunan Pasar Godean berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan. Proyek pembangunan Pasar Godean sudah berjalan 60 persen, dan kami menjamin ketersediaan berbagai fasilitas yang juga ramah difabel," kata Kustini saat meninjau pembangunan Pasar Godean di Sleman, Kamis.

Menurut dia, Pasar Godean ini juga dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir yang dapat menampung seribu lebih kendaraan dari berbagai jenis.

"Kami juga menyiapkan lahan parkir di samping. Nanti bisa menampung 150 mobil, bis juga bisa dan sekitar 400 sampai 600 sepeda motor," katanya.

Ia mengatakan Pasar Godean dengan wajah baru diharapkan tidak sekadar menjadi pusat perbelanjaan, namun juga sekaligus menjadi lokasi wisata.

Hal ini mengingat adanya Makam Mbah Jembrak yang keberadaannya di tengah area Pasar Godean yang akan tetap dipertahankan. Sehingga masyarakat tetap bisa berziarah dengan nyaman dan tenang.

"Melihat dengan bangunan yang bagus ini kami berharap pasar ini juga menjadi tempat wisata. Terlebih lagi ada Makam Mbah Jembrak leluhur warga Sleman, kita tetap menghargai, semoga nanti masyarakat tetap bisa berziarah dengan nyaman," katanya.

Setelah revitalisasi, Pasar Godean nantinya menampung 1.837 pedagang yang saat ini berada di Pasar Relokasi di Dusun Berjo, Kalurahan Sidoluhur.

Setelah selesai dikerjakan, Pasar Godean juga dilengkapi ruang terbuka hijau yang nantinya bisa dinikmati masyarakat secara gratis.

Ketua tim PPK Prasarana Strategis II Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY Raden Haryo Satriyawan mengatakan pembangunan Pasar Godean ditargetkan berjalan selama 360 hari, terhitung sejak 11 Mei 2023 hingga 4 Mei 2024.

Selain area dagang, bangunan Pasar Godean ini juga akan dilengkapi dengan area "foodcourt" di lantai dua.

"Proses pembangunan berjalan 60 persen dan kami laporkan tidak ada kendala apapun termasuk dengan sekitar pasar. Hingga saat ini juga terkondisi dengan baik," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024