Lonjakan wisatawan harus diantisipasi dengan strategi, pinta legislator

id Wisatawan mancanegara, lonjakan wisatawan mancanegara, wakil ketua mpr, lestari moerdijat

Lonjakan wisatawan harus diantisipasi dengan strategi, pinta legislator

Arsip foto - Tangkapan layar Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Tantangan Kebijakan dan Tata Kelola Museum di Indonesia yang digelar secara daring oleh Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (11/10/2023). ANTARA/HO-MPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan lonjakan wisatawan mancanegara yang diprediksikan terjadi pada tahun 2024 harus diantisipasi dengan strategi yang matang, melalui penyiapan infrastruktur dan sumber daya manusia di sektor pariwisata.
 
"Upaya antisipasi perkembangan sektor pariwisata nasional harus direncanakan dengan matang, jangan sampai terjadi ketidaksiapan dalam menyambut gelombang kedatangan wisatawan yang diperkirakan meningkat," kata Lestari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Rerie, sapaan akrabnya, mengatakan Organisasi Pariwisata Dunia (United Nation World Tourism Organization/UNWTO) memperkirakan pada 2024 akan menjadi rekor kedatangan wisatawan internasional di seluruh dunia.
 
Menurut dia, membludaknya jumlah wisatawan mancanegara berdampak besar terhadap destinasi-destinasi wisata mainstream (utama).
 
 
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kata Rerie, menargetkan kedatangan 14 juta wisatawan mancanegara dengan perolehan devisa pada 2024 diperkirakan sekitar 7,38 miliar dolar AS sampai 13,08 miliar dolar AS.
 
Selain itu, target nilai ekspor ekonomi kreatif tercatat 27,53 miliar dolar AS.
 
Berkaca dari capaian pada rentang Januari hingga Juni 2023, devisa dari sektor pariwisata Indonesia tercatat 6,08 miliar dolar AS dan nilai ekspor ekonomi kreatif pada rentang waktu yang sama tercatat 11,82 miliar dolar AS.
 
Untuk itu, dalam upaya mengantisipasi perkembangan sektor pariwisata nasional dan dunia yang diperkirakan meningkat, Rerie mendorong agar infrastruktur pariwisata Indonesia dikembangkan dan SDM yang memadai terus disiapkan.
 
"Sejumlah target tersebut harus diikuti dengan strategi dan perencanaan yang matang dalam mempersiapkan daerah-daerah tujuan wisata yang berpotensi sebagai tujuan favorit para wisatawan," ujarnya.
 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR: Lonjakan wisatawan harus diantisipasi dengan strategi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024