Program Kedaireka menghasilkan ribuan karya kolaborasi

id Dana padanan,kedaireka

Program Kedaireka menghasilkan ribuan karya kolaborasi

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam merilis Program Dana Padanan 2024 di JW Marriot Hotel, Jakarta, Selasa (17/10/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan program Kedaireka yang telah berjalan selama empat tahun telah menghasilkan ribuan karya kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia usaha dan industri (DUDI).

“Alokasi anggaran oleh pemerintah sebagai dana padanan komitmen pendanaan dari DUDI diharapkan dapat meningkatkan anggaran riset di perguruan tinggi,” kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Nizam menyebutkan data Indeks Inovasi Global tahun lalu menunjukkan adanya peningkatan peringkat Indonesia yang cukup signifikan yakni semula berada di peringkat 85 pada 2020 naik menjadi peringkat 61 pada l 2023.

Dari berbagai parameter dalam Indeks Inovasi Global, peningkatan sangat signifikan terjadi pada parameter kerja sama antara perguruan tinggi dengan industri dalam riset dan pengembangan.

Pada parameter ini tercatat pada 2020 Indonesia menduduki peringkat 35 dan terus meningkat menjadi peringkat lima pada 2023.

“Ini adalah bukti jika kolaborasi antara kampus dengan DUDI mampu menciptakan sesuatu yang nendang,” ujar Nizam.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek: Program Kedaireka hasilkan ribuan karya kolaborasi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024