Pemerintah kucurkan Rp750 miliar untuk Dana Padanan 2024

id MBKM MANDIRI,Dana Padanan,Matching Fund,Kemendikbudristek

Pemerintah kucurkan Rp750 miliar untuk Dana Padanan 2024

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam merilis Program Dana Padanan 2024 di JW Marriot Hotel, Jakarta, Selasa (17/10/2023). (ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan anggaran mencapai Rp750 miliar untuk program Dana Padanan atau matching fund 2024 dalam rangka mendanai program-program inovasi hasil dari kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri.

“Yang diharapkan oleh perguruan tinggi adalah bagaimana dapat berkontribusi nyata, shared value dalam pengembangan inovasi,” kata Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, Nizam di JW Marriot Hotel, Jakarta, Selasa.

Dana Padanan sendiri adalah program pendanaan Kemendikbudristek untuk penguatan kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), instansi pemerintah, dan masyarakat dalam membentuk ekosistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Nizam menuturkan Dana Padanan 2024 tersebut diharapkan mampu mendanai sekitar 3.000 hingga 5.000 inovasi program hasil kolaborasi antara industri dan perguruan tinggi.

Ia menjelaskan pihaknya memajukan proses Dana Padanan untuk tahun depan ini agar seleksi dan waktu riset dapat dilaksanakan lebih panjang serta proses pencairan dana bisa lebih cepat.

Untuk tahap seleksi dimulai dengan pendaftaran atau pengajuan proposal pada 1-31 Oktober 2023, kemudian untuk evaluasi proposal pada 1-10 November dengan pengumuman evaluasi proposal pada 13-15 November dan presentasi proposal pada 20-30 November.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek anggarkan Rp750 miliar untuk Dana Padanan 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024