Generasi muda Indonesia tingkatkan kemampuan digital, harap Airlangga Hartarto

id Airlangga Hartarto,Kemenko Perekonomian,KTT ASEAN,G20,kemampuan digital

Generasi muda Indonesia tingkatkan kemampuan digital, harap Airlangga Hartarto

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto saat menyampaikan sambutan dalam Ekon Goes to Campus, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024). ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau generasi muda untuk meningkatkan kemampuan digital yang relevan saat ini.

Kemampuan digital yang relevan diperlukan di tengah perkembangan teknologi saat ini, guna membuat masyarakat dapat beradaptasi di dunia kerja.

“Rekan-rekan harus bersiap dengan transformasi ini, dengan pertumbuhan teknologi digital dan juga harus siap meng-upgrade skill yang relevan untuk kebutuhan pekerjaan masa mendatang,” ujar Airlangga secara virtual dalam kegiatan Ekon Goes to Campus dengan tema Peran Penting Generasi Muda Mendukung Transformasi Ekonomi Nasional menuju Indonesia Emas 2045, di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto juga menyampaikan sejumlah potensi Indonesia yang perlu dioptimalkan.

Di hadapan sekitar 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pakuan, Haryo menilai untuk dapat mencapai Visi Indonesia Emas 2045, kinerja ekonomi perlu dipacu agar secara konsisten bertumbuh.

Dia mengklaim saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia, di tahun 2023 mampu mencapai 5,05 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Hal itu menunjukkan eksistensi Indonesia di kancah global yang semakin diperhitungkan, sumber daya alam yang melimpah, serta momentum bonus demografi yang harus dimanfaatkan dengan baik.

“Generasi muda sangat penting perannya, karena akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan,” ujar Haryo.

Eksistensi Indonesia telah menjadi sorotan di mata dunia terutama atas keberhasilan dalam Presidensi G20 Indonesia dengan disepakatinya G20 Bali Leaders’ Declaration.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga imbau generasi muda meningkatkan kemampuan digital