Sertifikasi B Corp bukti perusahaan Indonesia mencapai SDGs

id Sertifikasi B Corp,SDG

Sertifikasi B Corp bukti perusahaan Indonesia mencapai SDGs

Perencana Ahli Madya Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS​​​​​​​ Rosy Wediawaty. ANTARA/HO-Bappenas

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menilai sertifikasi B Corporation (B Corp) merupakan salah satu bukti komitmen puluhan perusahaan di Indonesia dalam mengimplementasikan dan mewujudkan atau mencapai target Sustainable Development Goals (SDG).

“Sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan yang lebih tinggi di pasar global, yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan pemerintah,” ujar Perencana Ahli Madya Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Rosy Wediawaty  dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Misalnya, tutur dia melanjutkan, dengan meningkatkan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas produk Indonesia melalui operasional bisnis yang bertanggung jawab.

Sertifikasi B Corp merupakan sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan yang memiliki standard tinggi dalam menjalankan usahanya baik dari aspek sosial, lingkungan dan ketenagakerjaan, serta telah menerapkan transparansi publik dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Oleh karena itu, Rosy menilai bahwa sertifikasi ini memberi dampak terhadap aspek lingkungan, pemerintahan, pekerja, konsumen serta komunitas.



“Kami melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs,” kata Rosy.

Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappenas: Sertifikasi B Corp bukti komitmen perusahaan RI capai SDGs
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024