Orang tua diajak dukung perkembangan sosial-emosional anak agar jadi Anak Hebat

id orang tua, anak

Orang tua diajak dukung perkembangan sosial-emosional anak agar jadi Anak Hebat

Orang tua perlu mendukung perkembangan sosial-emosional anak agar tumbuh menjadi Anak Hebat (ANTARA/HO-Nutricia)

Yogyakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui platform digital Bebeclub mengajak semua pihak terutama orang tua untuk bersama-sama mendukung perkembangan sosial emosional anak agar bisa tumbuh menjadi Anak Hebat.

"Penting bagi orang tua untuk memahami bahwa setiap kehebatan anak dimulai dari saluran cerna yang sehat. Sebab, saluran cerna merupakan salah satu organ penting dalam tubuh si kecil yang berperan untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan, bahkan bisa juga mempengaruhi suasana hati atau sosial emosionalnya," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi Dr. dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) dalam siaran pers, Rabu.

Sehingga menjaga kesehatan saluran cerna sebagai otak kedua dan fondasi kesehatan secara holistik merupakan awal dari tumbuh kembang optimal anak di setiap tahapan usianya. Pembentukan dan perkembangan sistem saluran cerna sangat penting untuk diperhatikan, karena sistem saluran cerna merupakan organ yang kompleks.

Pada sistem saluran cerna terdapat sekitar 70 persen komponen sel daya tahan tubuh 1 dan ada sekitar lebih dari 100 - 500 juta sel saraf yang memengaruhi sistem saraf, 2 dan juga pengaturan mood dan rasa kenyang. Selain itu, sepanjang sistem pencernaan juga merupakan tempat bagi lebih dari 100 triliun mikrobiota saluran cerna.

"Menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kesehatan anak secara keseluruhan di masa mendatang. Oleh karena itu, penting bagi bunda untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan dan perkembangannya," ujar dia.

Ia menjelaskan saluran cerna sebagai otak kedua manusia atau enteric nervous system (ENS), memiliki pengaruh yang penting dalam tumbuh kembang seorang anak, karena otak dan saluran pencernaan saling terhubung sebagai gut-brain axis.

Fungsi gut-brain axis ini bisa memengaruhi kinerja otak hingga menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, di mana nutrisi yang terserap optimal di usus bisa menjadi asupan untuk mendukung kinerja optimal otak dan mendukung sistem daya tahan tubuh.

Selain itu, usus yang sehat juga dapat mempengaruhi sosial-emosional anak, karena sekitar 90 persen serotonin diproduksi oleh sel-sel dalam usus 6 dan akan mengalir ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah yang berperan penting dalam mengatur suasana hati atau mood, bahkan nafsu makan.

Mengingat pentingnya kesehatan usus untuk mendukung perkembangan dan kinerja otak serta kesehatan anak, kata dia, maka asupan nutrisi hariannya harus terpenuhi dengan baik.

Selain itu, untuk menjaga jumlah bakteri baik dalam usus anak tetap seimbang, perlu diberikan asupan prebiotik yang biasanya banyak terkandung dalam sumber makanan seperti buah-buahan, sayur-mayur, susu, kacang-kacangan, dan beberapa jenis akar sayuran atau bisa juga bersumber dari nutrisi lain yang mengandung prebiotik seperti FOS (fructo-oligosaccharides) dan GOS (galacto-oligosaccharides) yang akan menjadi makanan bagi bakteri baik tersebut.

"Untuk mendukung perkembangan optimal otak anak, penting juga untuk melengkapi nutrisi asam lemak rantai panjang seperti DHA, AA dan ALA/LA," kata dr. Muzal.

Dengan pencernaan yang sehat, anak akan memiliki suasana hati yang baik untuk mendukung proses pembelajaran sosial emosionalnya. Sebab, kondisi emosi yang positif dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak. Untuk itu, selain memastikan pencernaan anak sehat, ibu juga harus memperhatikan dan menstimulasi perkembangan sosial emosional anak dengan baik sesuai dengan tahapan usianya.

Perkembangan kognitif anak adalah hal yang bukan hanya tentang memperoleh pengetahuan, anak juga harus mengembangkan atau membangun emosi dan mentalnya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) mengatakan perkembangan sosial dan emosional anak biasanya masih seringkali diabaikan oleh orang tua, guru, dan pengasuh lainnya. Orang tua dan guru harus paham bahwa anak-anak dengan perkembangan emosi yang sehat adalah mereka yang dapat mengekspresikan diri dengan cara yang positif.

"Sebab, perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini adalah bagaimana mereka mampu mengelola dan mengekspresikan berbagai emosi, baik itu positif maupun negatif," katanya.

Untuk membekali anak-anak dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mengekspresikan diri dengan cara yang sehat. Orang tua dan guru harus bisa mendukung anak-anak mengembangkan keterampilan sosial dan emosional sejak usia dini.

Perkembangan sosial-emosional mengacu pada perubahan perilaku yang disebabkan oleh emosi tertentu yang mengelilingi kehidupan awal dan dialami melalui interaksi dengan orang lain. Anak akan belajar secara aktif melalui interaksi dengan teman sebaya dan orang dewasa di sekitar mereka serta eksplorasi lingkungan.

"Ini adalah proses di mana anak-anak belajar beradaptasi dengan situasi dan emosi dalam interaksi mereka dengan orang lain, dengan cara mendengarkan, mengamati, dan meniru perilaku yang mereka lihat. Sensitivitas terhadap perasaan satu sama lain juga menjadi bagian penting dalam perkembangan sosial emosional anak-anak sehari-hari," ujar Prof Rini.

Melihat pentingnya perkembangan sosial emosional anak, dalam rangka memperingati Social Emotional Learning (SEL) Day atau Hari Pembelajaran Sosial Emosional, Nutricia Indonesia melalui Bebeclub mengajak para orang tua untuk bisa lebih memahami emosi si Kecil serta mengajarkannya keterampilan sosial agar memiliki hati yang besar untuk berbagi kebaikan dan tolong menolong kepada sesama temannya.

Medical & Scientific Affairs Director Danone Indonesia Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK mengatakan Nutricia Indonesia terus berkomitmen untuk hadir menyediakan nutrisi yang baik untuk si Kecil untuk terus mendukung Ibu dalam memberikan nutrisi dan stimulasi tepat agar si kecil.

Salah satunya dengan menghadirkan produk bernutrisi yang dilengkapi asam lemak rantai panjang Triple A (DHA, AA, ALA/LA) untuk perkembangan otak serta mengandung prebiotik FOS:GOS dengan prosentase yang tepat 1:9, terbukti klinis dan teruji optimalkan kesehatan saluran cerna.

Selain itu, Bebeclub juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk mendukung para orang tua untuk memberikan stimulasi yang tepat bagi si Kecil agar dapat tumbuh menjadi Anak Hebat.

Bebeclub memahami bahwa selain memastikan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, perkembangan emosianal anak juga penting untuk diperhatikan. Maka dari itu, dalam rangka peringatan Social Emotional Learning Day ini Nutricia Indonesia ingin mengajak semua pihak terutama orang tua dan tenaga pengajar untuk bersama-sama mendukung perkembangan sosial emosional anak agar bisa tumbuh menjadi Anak Hebat.

"Kami melihat metode social emotional learning (SEL) ini penting untuk disosialisasikan karena dapat membantu anak mengembangkan keterampilan hidup yang dibutuhkan anak-anak untuk memahami emosi diri mereka sendiri dan berkomunikasi dengan orang lain. Kami percaya bahwa tumbuh kembang optimal anak harus didukung tidak hanya oleh nutrisi yang tepat, tetapi juga stimulasi yang tepat dan edukasi yang efektif," ujarnya.

Oleh karena itu, Nutricia melalui platform digital Bebeclub, menyediakan alat stimulasi berupa seri buku cerita digital interaktif Bebestory yang dapat diakses melalui https://bebeclub.co.id/tools/bebestory untuk mengajarkan si Kecil makna berbagi cerita kebaikan dengan cara yang menyenangkan.

"Kami berharap, melalui berbagai inisatif tersebut akan semakin banyak anak Indonesia yang dapat tumbuh menjadi Anak Hebat yang memiliki happy tummy (pencernaan yang sehat), happy brain (kemampuan berpikir yang baik), dan happy heart (hati yang baik) sehingga akan menjadi penggerak si Kecil melakukan kebaikan bagi sekitarnya," tutur dr. Ray.