TOTK tonjolkan alam, budaya, dan sejarah gaet wisatawan

id Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi ramadhan,bulan ramadhan,bulan puasa,puasa 2023,iba

TOTK tonjolkan alam, budaya, dan sejarah gaet wisatawan

Sesi jumpa pers di ruangan press conference Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (15/3/2024) tentang acara Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition Danau Toba, Sumatra Utara pada 4-5 Mei mendatang. (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Jakarta (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dengan bangga mengumumkan perhelatan Trail of The Kings (TOTK) Zero Edition yang akan diadakan pada 4 dan 5 Mei 2024 di Danau Toba, Sumatra Utara.

Acara yang diinisiasi dengan menggandeng Creation Sport Division sebagai Organizer ini akan menghadirkan rangkaian kegiatan untuk mempromosikan pariwisata alam, sejarah dan kebudayaan lokal di kawasan Danau Toba.

"Dengan adanya event seperti powerboat di Danau Toba, itu event F1 kelas dunia di boat. Kemudian kita pikir apalagi nih yang gak pake mesin, oke yang pakai otot, keluarlah ide ini, bikin Trail Run, TOTK. Kita mau dorong Danau Toba ini sebagai event place tourism, yang tentunya sifatnya harus eco dan green," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Bernando Panjaitan pada jumpa pers di ruangan press conference Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

TOTK adalah kompetisi trail run (lari lintas alam) yang diharapkan akan menarik 1.500 peserta baik dari dalam dan luar negeri. Kategori perlombaan akan dibedakan berdasarkan jarak rute, dimulai dari kategori Fun Run sejauh 5 kilometer dan 10 kilometer, Trail Run 27 kilometer, hingga Ultra Trail Run 50 kilometer.

Melalui pengalaman lari di alam yang keindahan dan kemegahannya menakjubkan, TOTK juga akan memperkenalkan sejarah dan warisan kebudayaan suku Batak yang kaya kepada para peserta dan pengunjung dari dalam dan luar negeri.

"Kami dari Kemenpora secara umum ingin memberikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan event ini. Kami dari Kemenpora menjadi bagian senang olahraga menjadi salah satu alat untuk mendorong UMKM terutama meningkatkan perekonomian," kata asisten deputi bidang olahraga masyarakat Kemenpora Suyadi Pawiro.

Ajang lari lintas alam TOTK berambisi memperkenalkan jalur Danau Toba ke dunia lari trail dunia. Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga, Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ir. Aris Darmansyah, M.Eng dalam sambutannya mengungkapkan “TOTK Zero Edition diadakan sebagai usaha mendatangkan UTMB (Ultra Trail du Mont Blanc) ke Indonesia. UTMB adalah trail run event paling bergengsi di dunia di mana 10 ribu pelari trail run berkumpul setiap tahun. Diharapkan BPODT bisa menyelenggarakan TOTK Zero Edition dengan sukses dan mendapat hasil evaluasi yang memuaskan," katanya.

Melalui kategori perlombaan yang beragam, TOTK Zero Edition mengundang peserta dari segala usia dan tingkat kemampuan untuk bergabung dan menikmati pengalaman yang tak terlupakan.

Tidak hanya menikmati alam, para pelari juga seperti akan membaca cerita mengenai warisan kebudayaan suku Batak yang kaya dan membanggakan dengan melewati desa-desa asal mula budaya suku Batak dan tempat migrasi Raja Batak pada masanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TOTK Danau Toba digelar untuk menikmati alam, budaya, dan sejarah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024