Mempermudah dipahami masyarakat, Perpusnas redefinisi arti literasi

id Redefinisi arti literasi,Arti literasi,Perpustakaan Nasional,Literasi,Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perp

Mempermudah dipahami masyarakat, Perpusnas redefinisi arti literasi

Pelaksana Tugas Kepala Perpusnas E Aminudin Aziz (dua dari kiri) dalam acara peluncuran buku oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih berjudul "Darurat Literasi Indonesia: Urgensi Reformulasi Sinergi dan Kolaborasi" di Jakarta pada Selasa (19/3/2024). ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari.

Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E Aminudin Aziz menyatakan bahwa Perpusnas akan mendefinisikan ulang arti literasi agar lebih mudah dipahami oleh masyarakat.

"Kebijakan di Perpusnas saat ini yakni terkait perlunya definisi ulang tentang literasi, karena ada banyak sekali definisi yang disebutkan di Panitia Kerja -Panja- Komisi X DPR RI, dan pada akhirnya ini membingungkan masyarakat," katanya di Perpusnas Jakarta, Selasa malam.

Aminudin menyampaikan hal tersebut pada acara peluncuran buku oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih berjudul "Darurat Literasi Indonesia: Urgensi Reformulasi Sinergi dan Kolaborasi".

Ia menyebutkan, definisi arti literasi selama ini diambil dari yang sangat tradisional, misalnya kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, sampai kepada urusan literasi kekinian yang menggunakan perspektif multimodalitas (lebih dari satu jenis).

"Yang harus dikerjakan sesuai dengan saran di Panja Komisi X DPR RI, yakni adanya satu definisi literasi yang mudah dimengerti oleh masyarakat. Untuk itu, respons pemerintah dalam hal ini Perpusnas bersama Kemendikbudristek, mari kita lakukan sintesis terhadap definisi literasi itu, supaya tidak membingungkan orang," katanya.

Ia juga mengemukakan, orang yang literat akan mudah membedakan mana teks dan non-teks, contoh sederhana literasi non-teks yakni membedakan toilet laki-laki dan perempuan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpusnas akan redefinisi arti literasi agar mudah dipahami masyarakat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024