Penyakit TB diderita anak-anak tak menular, dokter menepis

id tuberkulosis,tuberkulosis pada anak,penyebab tuberkulosis,tb,tb anak,tuberkulosis anak,hari tuberkulosis dunia

Penyakit TB diderita anak-anak tak menular, dokter menepis

Ilustrasi - Dokter memeriksa pasien penyakit Tuberkulosis (TBC). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU/aa)

Jakarta (ANTARA) - Konsultan respirologi anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Darmawan B. Setyanto, Sp.A (K), membantah isu penyakit tuberkulosis yang diderita oleh anak-anak tidak berpotensi menular kepada orang lain.

“Ketika ada pernyataan TB tidak menular, itu anak yang mana dulu? Karena kalau dibuat simpel seolah-olah berlaku umum, karena dari bayi sampai ABG (anak baru gede) tidak menular, itu salah,” kata dr. Darmawan B. Setyanto, Sp.A (K) dalam diskusi daring di Jakarta, Minggu.

Darmawan menuturkan masyarakat tidak bisa memukul rata tiap kasus TB yang terlacak pada usia anak-anak. Hal itu disebabkan spektrum dari penyebutan usia anak amat sangat ekstrem dan luas.
 

Menurut dia, seseorang dikatakan masih anak-anak, bila ia merupakan bayi baru lahir dengan berat badan kurang dari satu kilogram sampai remaja dengan berat badan 100 kilogram.

Jika dikaitkan dengan isu tersebut, Darmawan menjelaskan semakin kecil umur seseorang, maka secara umum potensi penyakit TB untuk menulari orang lain semakin kecil. Sebaliknya, jika usia anak atau remaja semakin bertambah maka potensi penularannya lebih besar sama seperti usia dewasa.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dokter bantah isu penyakit TB yang diderita anak-anak tidak menular
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024