UMKM otomotif Indonesia mampu beradaptasi dengan tren mobil listrik

id menkop ukm,teten masduki,umkm otomotif,beradaptasi,tren,EV,electric vehicle,kendaraan listrik

UMKM otomotif Indonesia mampu beradaptasi dengan tren mobil listrik

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Senin (25/3/2024). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki meyakini pelaku UMKM sektor otomotif mampu beradaptasi dengan tren kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

"Saya sudah keliling ke mana-mana, mereka pasti sudah siap melakukan switch, mereka juga sudah siap melakukan riset dan pengembangan untuk membuat komponen-komponen lain. Pasti naluri bisnis mereka mengembangkan ke produk yang lain," ujar Teten di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kehadiran kendaraan listrik merupakan tantangan, tapi dirinya yakin kalau industri akan mengikuti keinginan pasar. UMKM otomotif bisa membuat apa aja.

Selain itu, Teten juga mengatakan bahwa terdapat potensi besar dalam sektor UMKM otomotif karena Indonesia dalam dunia otomotif banyak menarik perhatian investor luar negeri, terutama karena anak-anak muda Indonesia yang andal dalam memodifikasi kendaraan.

Kalau membuat produk-produk yang artwork seperti motorcycle builder, kata Teten, generasi muda Indonesia sudah andal.



"Saya tahu persis investor banyak yang mau masuk ke Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi, MenKopUKM Teten Masduki meminta para pelaku industri otomotif di Indonesia agar meningkatkan kemitraan dengan UMKM penyedia komponen otomotif guna mendukung hilirisasi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MenKopUKM meyakini UMKM otomotif mampu beradaptasi dengan tren EV