Perpustakaan Boneka Surabaya menghibur anak-anak korban gempa Bawean, Jatim

id Bahana, pegiat literasi, korban gempa, Bawean, gempa Bawean

Perpustakaan Boneka Surabaya menghibur anak-anak korban gempa Bawean, Jatim

Pegiat literasi Bahana Patria Gupta bercerita kepada anak-anak terdampak gempa Bawean di Dusun Lautsungai, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, Selasa (26/3/2024). Pendampingan melalui permainan dan mendongeng tersebut bertujuan untuk menghibur anak-anak di lokasi pengungsian serta mengembalikan kondisi emosional anak-anak terdampak gempa Bawean. ANTARA/Rizal Hanafi

Gresik (ANTARA) -
Perpustakaan Boneka Surabaya, Jawa Timur, menghibur anak-anak terdampak bencana alam untuk menghilangkan trauma gempa di Pulau Bawean.

Pendiri Perpustakaan Boneka Surabaya Bahana Patria Gupta di Bawean, Gresik, Selasa (26/3), menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan pengalamannya dalam setiap kali ada bencana.

"Biasanya yang paling terakhir ditangani adalah anak-anak," ucap pria yang juga berprofesi sebagai pewarta foto tersebut.

Padahal, lanjut dia, kalau melihat dari faktor terganggunya anak-anak itu, pasti yang paling terdampak karena tubuh mereka belum support, terlebih mereka tinggal di pengungsian.

Menurut dia, sangat penting memberikan fasilitas untuk anak-anak bermain bersama, namun yang berkonsep.

"Kebetulan kalau Perpustakaan Boneka datang itu, selalu mengusung tema tentang saling tolong-menolong, toleransi, dan harus rajin belajar," katanya.

Oleh karena itu, di akhir kegiatan, dia selalu berpesan untuk rajin belajar dan bersekolah.

"Untuk saat ini, sekolah mereka masih diliburkan akibat gempa," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, dia bercerita tentang kisah buaya yang tidak tahu balas budi.

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpustakaan Boneka Surabaya hibur anak-anak terdampak gempa Bawean
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024