Mahasiswa IPB University menjadi agen perubahan iklim

id Menteri LHK,KLHK,IPB University

Mahasiswa IPB University menjadi agen perubahan iklim

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberi keynote speech dalam kegiatan Pesona Kampus Hijau di IPB University Bogor, Rabu (27/3/2024). (ANTARA/Shabrina Zakaria)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melibatkan mahasiswa IPB University sebagai agen perubahan iklim lewat program Pesona Kampus Hijau, demi membentuk generasi ramah lingkungan.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di IPB University Bogor, Jawa Barat, Rabu, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi dan apresiasi kepada seluruh pihak, terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Dengan tema Keberhasilan Indonesia dalam Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

Menurut Siti Nurbaya, kegiatan ini juga relevan dan komplementer dengan prakarsa IPB University, atas penghargaan kepada para pihak di tingkat lapangan dalam upaya dan kerja penanganan karhutla.

“Yang kita tahu seperti menjadi tantangan berat yang selalu hadir tiap tahun dan menjadi agenda nasional yang tidak boleh luput dari perhatian barang sekejap pun,” ujar Siti Nurbaya dalam sambutannya.
 

Secara substansial, Siti Nurbaya mengatakan prakarsa IPB University khususnya Fakultas Kehutanan, sangat penting, mengingat banyak tokoh dari IPB University terus mengawal pembangunan sektor kehutanan dan lingkungan.

“Fahutan IPB lebih spesifik saya perlu menyebutkan Prof Bambang Hero dan Prof Nares, Prof Basuki Wasis, Prof Dodik, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja terus-menerus mengawal pembangunan sektor kehutanan dan lingkungan hidup di segala aspek, terutama, kebakaran hutan dan lahan, manajemen tata kelola hutan dan kawasan, termasuk karbon hutan,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, Siti Nurbaya memberi catatan menyangkut dua hal. Pertama, terkait dengan penajaman hubungan kausalitas antar kebijakan pada suatu persoalan, yakni persoalan kebakaran hutan.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KLHK libatkan mahasiswa IPB University jadi agen perubahan iklim
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024