Hujan lebat dan cuaca ekstrem landa 15 daerah Indonesia

id BMKG,Cuaca Esktrem,daerah waspada

Hujan lebat dan cuaca ekstrem landa 15 daerah Indonesia

Arsip Foto - Kilatan petir menyambar saat hujan deras mengguyur kota Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 15 daerah di antaranya ditetapkan berstatus siaga dan waspada oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dalam laman resmi https://bmkg.go.id/ yang dikutip di Jakarta, Rabu, ke-13 daerah berstatus waspada itu meliputi, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

Kemudian, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

Peringatan dini dampak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi menyasar untuk wilayah Denpasar Bali, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung Jawa Barat, Semarang, dan Ambon Maluku.

Selanjutnya BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Bandar Lampung, Bengkulu, pada pagi-siang hari.

Kemudian kota lainnya, seperti Serang Banten, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Surabaya diprediksi berawan pada pagi dan malam hari.

Sementara untuk wilayah DKI Jakarta sebagian besar hujan berawan – hujan sedang pada pagi hingga siang hari, dan cerah berawan dengan kelembaban 80-90 persen pada malam hari, dengan suhu 24-30 derajat celcius.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG terbitkan 15 daerah bertatus waspada dampak cuaca ekstrem
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024