Wabup meminta masyarakat Sleman jaga kamtibmas selama libur Lebaran

id Wabup Sleman ,Libur lebaran ,Dispar Sleman ,Sleman

Wabup meminta masyarakat Sleman jaga kamtibmas selama libur Lebaran

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Danang Maharsa meminta masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada masa libur Idul Fitri 1445 Hijriah dan menjadi tuan rumah yang ramah bagi wisatawan.

"Pada momentum libur lebaran Idul Fitri ini seluruh masyarakat Sleman kami harapkan untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban bersama," kata Danang di Sleman, Kamis.

Danang juga mengajak masyarakat Sleman merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan mengunjungi berbagai objek wisata dan menikmati sajian kuliner khas Sleman.

"Banyak destinasi wisata di Sleman yang menarik untuk berwisata bersama keluarga, begitu juga dengan wisata kulinernya, mari kita dukung pemulihan ekonomi sektor pariwisata," katanya.

Sementara itu Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman memperkirakan selama periode libur Lebaran 2024 dari 5 sampai dengan 15 April 2024 akan ada 300 ribu hingga 450 ribu pergerakan wisatawan di destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman.

"Rerata pembelanjaan wisatawan selama periode libur Lebaran 2024 diperkirakan berkisar antara Rp1.000.000 sampai dengan Rp2.500.000, sehingga kami perkirakan perputaran uang wisatawan mencapai Rp600 miliar hingga Rp2,8 triliun," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid.

Menurut dia, empat komponen belanja seperti akomodasi, makan dan minum, tiket masuk objek wisata dan belanja oleh-oleh dan suvenir diperkirakan menjadi komponen terbesar dalam pembelanjaan wisatawan di Sleman.

"'Length of Stay' atau lama tinggal wisatawan di Sleman diperkirakan berada pada kisaran dua hari sampai dengan 2,5 hari dengan tingkat okupansi hotel diperkirakan berada pada kisaran 75 persen hingga 90 persen," katanya.

Ia mengatakan, pada periode libur Lebaran 2023 pergerakan wisatawan tercatat 302.003 pergerakan wisatawan di destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Sleman.

"Pada tahun lalu puncak pergerakan wisatawan terjadi pada 25 April 2023 dengan rerata pembelanjaan wisatawan selama periode libur lebaran 2023 sebesar
Rp1,075 juta, dengan perputaran uang wisatawan selama periode libur lebaran 2023 sebesar Rp889,4 miliar," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024