13,9 persen remaja Indonesia gunakan aplikasi kencan cari pasangan seksual

id Brin,riset kependudukan,aplikasi kencan online,kekerasan seksual

13,9 persen remaja Indonesia gunakan aplikasi kencan cari pasangan seksual

Tangkapan layar - Peneliti Pusat Riset Kependudukan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Anastasia Septya Titisari dalam seminar yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (25/7/2024). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Studi yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI mengungkapkan sebanyak 13,9 persen remaja di Indonesia menggunakan aplikasi kencan daring untuk menemukan pasangan dalam berhubungan seksual atau sex partner.

"Studi ini menemukan ada 13,9 persen responden remaja yang menggunakan aplikasi kencan online untuk mencari sex partner atau pasangan seksual," kata Peneliti Pusat Riset Kependudukan BRIN Anastasia Septya Titisari dalam seminar yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis.  

Peneliti BRIN yang disapa Titis ini menyoroti hal tersebut, sebab pencarian pasangan seksual merupakan salah satu dari tiga motivasi terbesar para remaja dalam menggunakan aplikasi kencan daring, selain mencari jodoh dan merayu atau flirting.  

Kondisi tersebut, kata dia, memunculkan ancaman baru di dunia digital, berupa pengunggahan foto atau video intim seseorang atau Non-Consentual Intimate Image (NCII).

"Dari berbagai kasus kekerasan berbasis gender online (KBGO), NCII ini jadi sebuah fenomena global yang kerap muncul dalam proses interaksi dunia digital," ujarnya.

Titis menegaskan penggunaan aplikasi kencan daring bisa meningkatkan risiko KBGO, karena dapat membuka ruang individu para penggunanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: 13,9 persen remaja pakai aplikasi kencan guna cari "sex partner"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024