Rencana cadangan arus balik penyeberangan Sumatera-Jawa dipersiapkan

id Kemenhub, kemenko pmk, lebaran 2024

Rencana cadangan arus balik penyeberangan Sumatera-Jawa dipersiapkan

Pemerintah siapkan cadangan penyeberangan Sumatera-Jawa saat arus balik (ANTARA/Desi Purnama Sari)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah menyiapkan rencana cadangan untuk memitigasi kepadatan penyeberangan masyarakat pada masa arus balik Lebaran Tahun 2024.

Strategi cadangan tersebut dirumuskan pada Rapat Koordinasi Penanganan Arus Balik Lebaran 2024 di Lampung, Jumat (12/4) yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menko PMK Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan rapat itu dikhususkan untuk membahas penanganan penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni dan Panjang menuju Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bojonegara.

"Ada beberapa hal yang sudah kita sepakati, tinggal bagaimana nanti kita harus bisa menegakkan dan mengawal implementasinya di lapangan," katanya.

Sejumlah penanganan yang telah disepakati yakni akan ada penetapan tiga kategori delaying system, yakni kategori hijau, kuning dan merah.

Kategori hijau berarti antrean masuk dalam keadaan normal, sehingga kebijakan yang diterapkan seperti biasa. Sementara, kategori kuning artinya apabila terlihat sudah ada antrean sepanjang 1 kilometer dari pintu gerbang pelabuhan, maka delay system akan diaktifkan, yakni dengan mengaktifkan lima rest area dan empat buffer zone yang ada di lintas tengah maupun lintas timur.



"Namun jika antrean kendaraan sudah mencapai 4 kilometer menjelang pintu gerbang, maka sudah masuk kategori merah. Penanganan yang akan dilakukan adalah seluruh rest area dan tol khusus akan diaktifkan," ujar Menko Muhadjir.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah siapkan rencana cadangan penyeberangan Sumatera ke Jawa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024