Balawista disiagakan di objek wisata pantai

id Garut, Pemkab Garut, Disparbud Garut, balawista

Balawista disiagakan di objek wisata pantai

Petugas berjaga di pos pengamanan kawasan wisata pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Disparbud Garut)

Garut (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyiagakan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) dibantu dengan petugas lainnya untuk melakukan pengamanan dan antisipasi bahaya di kawasan objek wisata pantai selama libur Lebaran.

"Untuk keamanan pengunjung yang berenang ada Balawista dari dinas kami, dan juga Polairud," kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Luna Aviantrini di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya wisata pantai seperti Pantai Rancabuaya, Santolo, Sayang Heulang, dan wisata pantai lainnya yang ramai dikunjungi saat musim libur Lebaran.

Disparbud Garut, kata dia, sudah menyiapkan tim Balawista dibantu Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Garut untuk melakukan pengamanan dan antisipasi kecelakaan laut di tempat wisata pantai.

"Tim berpatroli secara berkala keseluruhan ada delapan (personel Balawista)," katanya.

Ia menyampaikan pos pengamanan yang disiagakan di kawasan selatan Garut tidak hanya untuk pengamanan wisata pantai saja, tapi untuk pengamanan lainnya di wilayah selatan Garut terutama jalur mudik.