19 ribu wisatawan banjiri Kebun Binatang Surabaya

id Kebun binatang surabaya, libur lebaran, libur idul fitri, idul fitri 1445 hijriah, surabaya

19 ribu wisatawan banjiri Kebun Binatang Surabaya

Sejumlah wisatawan memadati area kandang singa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), saat H+3 Hari Raya Idul Fitri, Minggu (14/4/2024). ANTARA/Ananto Pradana

Surabaya (ANTARA) -
Sebanyak 19 ribu wisatawan telah berkunjung ke destinasi pariwisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), saat H+3 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024, Minggu.
 
"Berdasarkan informasi terbaru jumlah total pengunjung KBS hari ini mencapai 19 ribu orang," kata Kepala Seksi Humas KBS Lintang Ratri Sunarwidhi di Surabaya.
 
Lintang menyatakan mayoritas wisatawan yang menghabiskan masa libur momen Idul Fitri masih didominasi warga asal Kota Surabaya.
 
Dia memperkirakan jumlah wisatawan asal daerah setempat jumlahnya mencapai 13.300 orang atau 70 persen dari total keseluruhan pengunjung.
 
"Kami melihat tadi kendaraan yang terparkir kebanyakan plat nomornya L," ucapnya.
 
Wisatawan, kata dia paling banyak datang ke lokasi wisata yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS), pada pukul 10.00 sampai 13.00 WIB.
 
Sedangkan untuk kawasan di KBS yang mengundang daya tarik bagi wisatawan adalah pada zona primata. Kemudian kandang gajah, unta, jerapah, dan harimau.
 
"Di jam tersebut sekitar 11 ribu wisatawan. Prediksi puncak kunjungannya hari ini," ujar dia.
 
PDTS selaku pengelola KBS disebutnya telah melaksanakan berbagai upaya pengamanan untuk mencegah pembludakan pengunjung maupun kemacetan, dengan berkoordinasi bersama petugas kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), hingga Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.
 
"Kalau dari internal jadwal dari tiga kami ubah menjadi dua, namun petugas yang disiagakan per-shift 15 orang," kata dia.
 
 
 
"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024