Ukraina, tuduh Rusia, sering menembaki fasilitas medis dan staf medis

id rusia,Maria Zakharova ,ukraina

Ukraina, tuduh Rusia, sering menembaki fasilitas medis dan staf medis

Arsip - Asap membubung ke langit di Kiev, Ukraina (27/2/2022). (ANTARA/Xinhua/Lu Jinbo/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Rusia menuduh pasukan Ukraina sering kali menembak fasilitas medis dan staf medis di wilayah yang dikuasai Rusia dan negara-negara Barat, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menutup mata mengenai serangan tersebut.

“Mereka tiba-tiba menjadi buta-rungu ketika menyangkut kejahatan Angkatan Bersenjata Ukraina terhadap warga negara Rusia,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova saat konferensi pers daring yang disaksikan di Jakarta, Kamis.

Zakharova menuturkan bahwa pasukan Ukraina kerap menargetkan fasilitas medis dan dokter yang berada di empat wilayah di Ukraina yang menurutnya telah dianeksasi.

Ia menegaskan WHO bahkan tidak pernah bersuara dan mengungkapkan kalimat simpati maupun dukungan bagi staf medis yang meninggal akibat serangan Kiev ke infrastruktur medis.

Rusia, lanjutnya, telah melaporkan serangan tersebut lengkap dengan tanggal dan lokasi serangan, tetapi WHO tidak memberikan reaksi apapun.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia tuduh Ukraina sering tembak fasilitas medis dan staf medis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024