Dituduh plagiat, Dekan FEB Unas mengundurkan diri

id Unas Jakarta,Plagiat,Plagiat karya ilmiah,Kumba Digdowiseiso,dekan feb unas,universitas nasional

Dituduh plagiat, Dekan FEB Unas mengundurkan diri

Ilustrasi. (https://prelo.co.id)

Jakarta (ANTARA) - Profesor Kumba Digdowiseiso secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nasional (Unas) Jakarta sebagai langkah pertanggungjawaban akademis setelah diduga terlibat kasus plagiat.

“Pengunduran diri saya ini merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis saya kepada Rektor Unas dan sivitas akademika agar tidak membebani kampus dalam melakukan investigasi terhadap persoalan yang sedang saya hadapi," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Pengunduran diri Kumba merupakan bentuk pertanggungjawaban akademis setelah dituding mencatut nama dosen Universiti Malaysia Terengganu (UMT) dalam publikasi ilmiahnya.

Seperti diketahui, Kumba dituding mencantumkan nama orang lain dalam publikasi ilmiah seperti dituliskan media retractionwatch.com pada 11 April 2024.



Meski demikian Kumba menegaskan tuduhan terhadap dirinya tidak benar dan tidak memiliki dasar, yang bahkan terdapat kesan menjatuhkan nama baik dirinya serta bersifat character assasination.

Kumba mengaku sangat menjunjung tinggi integritas akademis, sehingga ia bersedia dan siap untuk menjalani proses terkait dengan tuduhan, dugaan, dan fitnah yang ditujukan kepada dirinya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dekan FEB Unas mengundurkan diri, buntut kasus tuduhan plagiat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024