Menumpang KRI Kakap-881, 327 pengungsi erupsi Gunung Ruang, Sulut, tiba di Bitung

id 327 pengungsi erupsi Gunung Ruang KRI Kakap-811

Menumpang KRI Kakap-881, 327 pengungsi erupsi Gunung Ruang, Sulut,  tiba di Bitung

Para pengungsi korban erupsi Gunung Ruang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, saat tiba di Dermaga Satrol Lantamal di Kota Bitung dengan KRI Kakap-811. ANTARA/Jorie Darondo (1)

Mana (ANTARA) - Sebanyak 327 pengungsi korban erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, tiba di dermaga Satrol Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII, di Kota Bitung, Sabtu malam.

Asops Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Mohamad Noordin Mutaqien, mengatakan, sebanyak 327 orang telah dievakuasi pada gelombang ketiga oleh Tim KRI Kakap-811 atau dari TNI Angkatan Laut.

"Dari jumlah itu, terdapat 192 wanita dan 135 pria. Dari 327 orang itu juga, terdapat dua orang yang sakit parah yakni stroke dan pendarahan," katanya di sela-sela menyambut kedatangan KRI Kakap-811.

Ia menambahkan, untuk itu pihaknya sudah menyiapkan tim kesehatan baik dari TNI Angkatan Laut maupun Pemerintah Kota Bitung.

Ia mengatakan, sesuai pendataan yang dilakukan para pengungsi itu setibanya di Bitung akan ke keluarganya masing-masing.

"Sudah ada keluarga yang akan menjemput para pengungsi tersebut," katanya.

Terkait dengan total pengungsi yang sudah dievakuasi oleh KRI Kakap-811, ia mengatakan, selama tiga hari ini sudah sebanyak 527 orang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 327 pengungsi erupsi Gunung Ruang tiba di Bitung dengan KRI Kakap-811
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024