Blibli- EcoTouch kelola limbah fesyen di Indonesia

id Blibli, hari bumi

Blibli- EcoTouch kelola limbah fesyen di Indonesia

Staff EcoTouch mengedukasi karyawan Blibli proses daur ulang limbah fesyen menjadi produk dengan kemanfaatan baru, di antaranya insulator, kain tenun, tas laptop, lunch box, dan masih banyak lagi. (ANTARA/HO-Blibli)

Jakarta (ANTARA) -
Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk memperingati Hari Bumi 2024 yang jatuh setiap tanggal 22 April.
 
Dengan mengusung tema "Blibli Tiket ACTION vs. Plastics", program itu bertujuan untuk mengurangi limbah fashion dan penggunaan plastik dalam produk tekstil dengan melibatkan karyawan Blibli Tiket.
 
"Kami mengajak karyawan untuk turut terlibat dalam pengembalian limbah fesyen, di mana sekitar 60 persen bahan pakaian masih terbuat dari plastik. Penerapan circular fashion dan sustainable fashion jadi solusi bagi industri fesyen," tutur Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) dalam siaran resmi, Selasa.
 
Limbah fesyen yang terkumpul akan didaur ulang oleh EcoTouch untuk menjadi insulator, kain dan produk fesyen retail. Aksi itu diadakan selaras dengan fokus materialitas ESG Blibli pada pengelolaan sampah dan pengurangan emisi.
 
"Menggandeng EcoTouch, tahun ini kami tidak hanya mengajak karyawan untuk mendonasikan baju bekas, tapi juga Blibli seragam bekas karyawan Blibli dengan total kurang lebih 100 kg untuk diolah kembali,” jelas Yolanda.
 
Merujuk data pada Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional pada tahun 2021, Indonesia menghasilkan 2,3 juta ton limbah pakaian atau setara dengan 12 persen dari limbah rumah tangga. Dari keseluruhan limbah pakaian tersebut, hanya 0,3 juta ton limbah pakaian yang didaur ulang.
 
Adapun menurut United Nation Environment Programme, sekitar 60 persen bahan yang digunakan untuk membuat pakaian adalah plastik, termasuk tekstil poliester, akrilik, dan nilon.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hari Bumi 2024, Blibli gandeng EcoTouch kelola limbah fashion
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024