Nyalanesia tingkatkan literasi sekolah terpadu di Solo, Jateng

id Nyalanesia, FLN 2024,literasi sekolah terpadu

Nyalanesia tingkatkan literasi sekolah terpadu di Solo, Jateng

Ilustrasi - Pelaksanaan FLN 2023 oleh Nyalanesia di Solo, Jawa Tengah, tahun lalu. ANTARA/HO-Nyalanesia

Solo (ANTARA) - Program Nyalanesia ambil bagian pada peningkatan literasi sekolah terpadu untuk siswa dan guru di Solo melalui Festival Literasi Nasional (FLN) 2024.

Ketua Pelaksana FLN 2024 Imam Subchan di Solo, Jawa Tengah, Kamis mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 26-28 April 2024.

Ia mengatakan program tersebut memfasilitasi siswa dan guru untuk menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta akses pada program-program apresiasi.

"Program literasi dan peningkatan kompetensi, platform terintegrasi, dan pengembangan komunitas berbasis sharing economy adalah tiga pilar yang menjadi pondasi bagi ekosistem Nyalanesia," katanya.

Dengan mengusung tema Indonesia Berkarya, ia mengatakan penyelenggaraan FLN tahun ini melibatkan 83.195 siswa dan guru dari seluruh Indonesia.



"Dalam ekosistem Nyalanesia, kami berupaya menciptakan dunia baru. Di mana kita bisa menyaksikan anak-anak yang berkarya dan terus percaya pada mimpinya, guru-guru yang kompeten, bermakna, dan sejahtera hidupnya, serta sekolah-sekolah yang menjelma taman bermain bagi para kreator, inovator, dan penggerak perubahan," katanya.

Ia mengatakan sejak tahun 2016 Nyalanesia sudah mendampingi lebih dari 3.800 sekolah di 37 provinsi di Indonesia untuk menciptakan transformasi pendidikan.

"Kurang lebih 400.000 siswa dan guru telah mendapatkan pelatihan dan berhasil menerbitkan buku. Dalam lima tahun terakhir setidaknya dana pemberdayaan Rp4,1 miliar telah disalurkan Nyalanesia untuk meningkatkan kesejahteraan finansial para guru, siswa, dan penggerak literasi di Indonesia," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Nyalanesia ambil bagian peningkatan literasi sekolah terpadu di Solo