KPU Gunungkidul sosialisasi pelaksanaan pilkada untuk tingkatkan partisipasi

id Pilkada 2024,Gunungkidul,KPU Gunungkidul,KPU Gunungkidul sosialisasi pelaksanaan pilkada,sosialisasi pelaksanaan pilkada

KPU Gunungkidul sosialisasi pelaksanaan pilkada untuk tingkatkan partisipasi

Sosialisasi pelaksanaan Pilkada 2024 di Gunungkidul. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan sosialisasi tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024 guna meningkatkan partisipasi masyarakat.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Kabupaten Gunungkidul Sudarmanto di Gunungkidul, Senin, mengatakan, mengacu dasar hukum Pilkada 2024, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020, pada Pasal 3 berbunyi, Pemilihan dilaksanakan setiap lima tahun sekali secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan pada pasal 201 ayat (8) berbunyi pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada November 2024.

"Kami berharap adanya sosialisasi pelaksanaan pilkada ini, tingkat partisipasi masyarakat di Gunungkidul semakin meningkat," kata Sudarmanto.

Ia mengatakan Pilkada 2024 sangat menentukan kepemimpinan di Gunungkidul lima tahun ke depan. Partisipasi masyarakat dalam pilkada sangat diharapkan.

"Suara masyarakat di Gunungkidul yang menentukan pembangunan ke depan," katanya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Gunungkidul Supami mengatakan pendaftaran pasangan calon akan dibuka mulai 27 Agustus 2024 sampai dengan 29 Agustus 2024, dan pemutakhiran data pemilih akan dimulai pada 17 Mei 2024 hingga 12 Juni 2024.

Dan tagline Pilkada 2024, yakni "Memetri Demokrasi, Lurus, Leres, Laras" dengan maskot burung walet.

"Diharapkan pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah 2024 dapat berjalan dengan aman, adil, dan lancar," katanya.