Indonesia genjot destinasi super prioritas dongkrak pariwisata

id Menpar kunjungan turis, kunjungan wisatawan, indeks pariwisata Indonesia

Indonesia  genjot destinasi super prioritas dongkrak pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno diwawancarai awak media di Pantai Serangan, Denpasar, Sabtu (18/5/2024) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Indonesia fokus menggenjot destinasi super prioritas untuk meningkatkan indeks daya saing kepariwisataan secara global yang pada 2021 indeksnya mencapai 32 atau naik dari posisi 44.

“Kami sudah melakukan langkah strategis untuk destinasi super prioritas jadi destinasi itu sudah menyiapkan diri,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pantai Serangan, Denpasar, Sabtu.

Ia menargetkan indeks pariwisata Indonesia bisa naik yang rencananya diumumkan pada 2024 itu berada pada posisi ke-29 dari 117 negara yang diukur indeks kepariwisataannya.

Ada pun indeks tersebut diukur oleh Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) oleh Bank Dunia selama dua tahun sekali.

Pada indeks daya saing kepariwisata Indonesia 2021, lanjut dia, sudah melampaui negara tetangga di ASEAN yakni Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Ada pun destinasi super prioritas merupakan bagian dari program “10 Bali Baru” yang dicanangkan pemerintah.

Destinasi tersebut tidak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan, namun juga menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif yang melibatkan warga setempat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RI fokus genjot destinasi super prioritas tingkatkan indeks pariwisata
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024