Pendidikan tinggi Islam agar bisa dipusatkan di Asia Tenggara, paparo JK

id Jusuf Kalla,Dewan Masjid Indonesia,Pattani,Fatoni University,jk

Pendidikan tinggi Islam agar bisa dipusatkan di Asia Tenggara, paparo JK

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (bawah, ketiga kiri) dan Rektor Fatoni University Prof Dr Ismail Lutfie Japakiah (bawah, ketiga kanan) bersama jajaran dalam kunjungan di Pattani, Thailand Selatan, Sabtu (18/5/2024). (ANTARA/HO-Jusuf Kalla)

Jakarta (ANTARA) - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) berharap pendidikan tinggi Islam dapat dipusatkan di Asia Tenggara sebagai alternatif para pelajar Islam di seluruh dunia untuk mempelajari Islam Wasatiah atau Islam Moderat.
 
Hal tersebut dikemukakannya saat mengunjungi Fatoni University, Pattani, Thailand, sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi Islam yang terkonsentrasi di wilayah Thailand Selatan.
 
"Saya berharap agar pendidikan tinggi Islam dapat dipusatkan di negara-negara Asia Tenggara sebagai alternatif para pelajar Islam dari seluruh dunia yang ingin belajar Islam Wasatiah," kata Jusuf Kalla dalam keterangan di Jakarta, Minggu.
 
 
Melalui pembelajaran Islam Wasatiah, Jusuf Kalla mengatakan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup umat secara ekonomi.
 
"Di situlah peran universitas mengembangkan iptek selain masjid sebagai pusat pengembangan peradaban," ujarnya.
 
Dalam kunjungan tersebut Jusuf Kalla yang merupakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) turut didampingi sejumlah tokoh cendekiawan Muslim Indonesia seperti Hamid Awaludin, Sudirman Said, dan Husain Abdullah.
 
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: JK harap pendidikan tinggi Islam dapat dipusatkan di Asia Tenggara
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024