Anggota DPRD DIY Novida kembalikan formulir pendaftaran bupati di PDIP

id PDIP,Kulon Progo,Pemilu 2024,Pilkada 2024

Anggota DPRD DIY Novida kembalikan formulir pendaftaran bupati di PDIP

Bakal calon bupati Kulon Progo Novida mengembalikan formulir pendaftaran di di Panti Marhaen, DPC PDI Perjuangan Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Novida Kartika Hadhi resmi mendaftar sebagai calon bupati Kulon Progo melalui Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Kulon Progo.

Novida di Kulon Progo, Senin, mengatakan dirinya mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon bupati Kulon Progo pada Minggu (19/5).

"Ini langkah awal untuk menunjukan komitmen saya mengikuti kontestasi pada Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo," kata Novida.

Ia mengatakan dirinya mencalonkan diri sebagai calon bupati ini yakni membangun Kulon Progo bisa sejajar dengan kabupaten/kota di DIY.

Kulon Progo ini adalah pintu utama gerbang DIY dengan adanya Bandara Internasional Yogyakarta. Namun dengan dinamika ini dan realita ini, Kulon Progo tertinggal dibandingkan dengan kota/kabupaten di DIY.

"Harapan kami bisa membangun Kulon Progo, dan bisa maju bersama dengan kabupaten/kota di DIY," katanya.

Novida mengaku sudah berkomunikasi dan mengikuti tahapan di Partai Golkar dan PKB. Bahkan dengan PAN, Gerindra dan parpol lain juga intensif berkomunikasi. 

“Sebagai kader PDIP saya utamakan di internal dulu. Sedangkan dengan parpol lain bagian dari koalisi,” kata Novida.

Sekretaris DPC PDIP Istana mengatakan, sejauh ini baru Novida yang mendaftar resmi sebagai calon bupati Kulon Progo lewat DPC PDIP. Selain itu ada Yusron Martofa, dan Pancar Topo Driyo termasuk dirinya yang sudah mengambil formulir pendaftaran namun belum mengembalikan. Sedangkan Ketua DPC PDIP Fajar Gegana mendaftar sebagai calon bupati di DPD PDIP DIY. 

“Yang mendaftar resmi di DPC PDIP bari Novida ini. Hasil ini akan kami sampaikan ke DPD dan DPP untuk nanti dibawa dalam rakernas,” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Kulonprogo Fitroh Nurwijoyo Legowo mengatakan sampai hari ini,  ada tujuh nama yang mengambil formulir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati. Mereka adalah Yusron Martofa (PKB), Fitroh Nur Wijoyo Legowo (PKB), Noor Harish (PKB), Akhmad Basuki (Pengusaha), M Ulin Nuha (advokad), Novida Kartika Hadhi (Anggota DPRD DIY dari PDIP), dan Lukman Arifin Fathul Huda (Ketua PCNU Kulon Progo). 

"Yang sudah mendaftar empat orang, Yusron Martofa, Fitroh, Noor Harish dan Basuki. Sedangkan yang lainnya baru mengambil formulir pendaftaran,” kata dia