BRIN: Potensi goba terumbu menjadi sumber alternatif pangan Indonesia

id terumbu karang,keramba laut,ekonomi biru,brin,alternatif pangan,ketahanan pangan,goba

BRIN: Potensi goba terumbu menjadi sumber alternatif pangan Indonesia

Ilustrasi, Terumbu karang di Perairan Tuing Kabupaten Bangka (ANTARA/HO-Humas PT Timah Tbk)

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Wikanti Asriningrum mengatakan Indonesia memiliki daerah bentangan goba (lagoon) terumbu laut dangkal yang berpotensi menjadi sumber alternatif untuk pangan, berdasarkan pengamatan citra satelit.

Dalam diskusi daring yang diikuti dari Jakarta, Kamis, Peneliti di Pusat Riset Geoinformatika BRIN Prof Wikanti menjelaskan data satelit memperlihatkan potensi pemanfaatan goba terumbu di wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

"Di dalam goba terumbu, di dalam terumbunya sendiri, dapat menjadi alternatif bagi ketahanan pangan di Indonesia, terutama yang bersumber dari perairan laut dangkal," ujar Wikanti.
 

"Goba terumbu atau bentuk lahan terumbu ini menyediakan lebih banyak nutrisi untuk budi daya, misalnya keramba ikan laut, rumput laut, dan sebagainya," kata Wikanti.

Selain itu wilayah tersebut juga menjadi pelindung dan arus bagi pesisir di pulau-pulau kecil yang mendukung budi daya di wilayah tersebut..

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN: RI miliki potensi goba terumbu sebagai sumber alternatif pangan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024