Eko Suwanto: Pelanggaran etika demokrasi tidak boleh terulang di Pilkada 2024

id eko

Eko Suwanto: Pelanggaran etika demokrasi tidak boleh terulang di Pilkada 2024

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta  menyatakan ke depan dalam berdemokrasi, tak boleh lagi ada "abuse of power" seperti yang terjadi di Pemilu Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024.

Menurut Ketua Komisi A DPRD DIY ini, ada pelanggaran etik oleh Ketua Mahkamah Konstitusi dan abuse of power dengan pengerahan sumber daya negara, penggunaan bansos untuk memenangkan suara dan proses penyelenggaraan pemilihan yang mengabaikan keadilan dan penegakkan etika.

"Setelah pelanggaran etik ketua Mahkamah Konstitusi, di Pilpres lalu, kini  ada putusan Mahkamah Agung soal batasan usia calon gubernur, masyarakat tentu tahu untuk siapa putusan itu dibuat, Komisi Yudisial harus segera bekerja untuk periksa hakim MA itu," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta,  Sabtu. 


Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan mengajak di Pilkada pada 27 November 2024, harus tegakan etik dan moral, demi demokrasi yang bermartabat dan berbudaya

PDI Perjuangan mengingatkan dalam membangun bangsa meneladani dan menjalankan nilai etik dan moral yang diwariskan oleh founding fathers, proklamator RI, Ir Soekarno, Bung Hatta dan pahlaman nasional lainnya.

"Nilai nilai Pancasila yang ada harus dihikmati dalam kehidupan berbangsa oleh semua warga negara, pemimpin dan pelayanan publik oleh pemerintah. Melanggar etika, sama saja dengan mengkhianati nilai Pancasila," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Selain melakukan aksi sosial berupa kunjungan ke panti asuhan, di peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta mengadakan tumpengan dan sarasehan.

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan dalam sarasehan refleksi hari lahir Pancasila mengingat kan, Pancasila sebagai dasar Ideologi bangsa Indonesia harus selalu dihikmati  dengan sungguh sungguh, baik dalam urusan pelayanan publik juga di kehidupan kemasyarakatan.

"Pancasila harus menjadi landasan hidup semua warga negara Indonesia. Menjadi Pancasila harus dengan jalankan penegakan etika dan moral dalam hidup berbangsa dan bernegara khususnya dalam demokrasi," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.