Wabup sebut PMI Sleman banyak berperan dalam aksi kemanusiaan dan bencana

id PMI Kabupaten Sleman ,Muskab PMI Sleman ,Wabup Sleman ,PMI DIY

Wabup sebut PMI Sleman banyak berperan dalam aksi kemanusiaan dan bencana

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat membuka Muskab PMI Sleman 2024 di Sleman, Sabtu (8/6/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Danang Maharsa menyebut Palang Merah Indonesia (PMI) Sleman selama ini telah banyak berkontribusi dan berperan dalam berbagai penanganan kemanusiaan dan penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah itu.

"Selama ini PMI Sleman telah banyak berperan dalam aksi-aksi kemanusiaan, seperti saat pandemi COVID-19 maupun dalam aksi sosial lainnya, termasuk penanganan bencana," kata Danang Maharsa seusai membuka Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Sleman Tahun 2024 di Sleman, Sabtu.

Hadir pada acara tersebut Ketua PMI DIY Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, Ketua PMI Sleman Sunartono, pengurus PMI Kabupaten Sleman, para relawan, serta sejumlah pejabat dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Danang menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada PMI Kabupaten Sleman yang telah menjalankan perannya dengan baik.

Ia berharap Ketua PMI Kabupaten Sleman yang terpilih, selanjutnya dapat melanjutkan sekaligus meningkatkan kualitas kinerja pengurus sebelumnya.

"Kami yakin siapa pun yang terpilih nanti adalah orang yang sudah paham, tahu, dan pernah di PMI, sehingga nanti program apapun bisa terus berjalan," katanya.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman yang telah mendukung kegiatan PMI Kabupaten Sleman, sehingga PMI Kabupaten Sleman dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Itu karena pemerintah daerah mempunyai keyakinan bahwa pengurus dan seluruh jajarannya melakukan tugasnya dengan pikiran dan niat hati yang mulia, sehingga pemerintah daerah dengan suka rela memberikan bantuan-bantuan itu. Dan itu terlihat pada saat penanganan pandemi COVID-19," katanya.

Sedangkan Ketua PMI Kabupaten Sleman Sunartono mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sleman yang telah mendukung PMI Kabupaten Sleman dalam berbagai kegiatan.

"Begitu pula PMI Kabupaten Sleman adalah sebagai unsur pendukung Pemkab Sleman, terutama dalam menangani kebencanaan dan menyediakan kebutuhan darah bagi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Sleman selama ini telah banyak mendukung PMI Sleman mulai dari peralatan-peralatan produksi darah, sehingga memenuhi standar CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik).

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa juga menyerahkan piala bagi pemenang lomba paduan suara Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira dalam rangka peringatan Hari Palang Merah Internasional. Selain itu juga diserahkan hasil audit eksternal dari Kantor Akuntan Publik kepada Ketua PMI Kabupaten Sleman.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024