UEFA tengah selidiki perilaku tak pantas suporter Serbia

id euro 2024, inggris vs serbia, rasisme dalam pertandingan euro, rasisme suporter sepak bola, timnas serbia, uefa, fss, be

UEFA tengah selidiki perilaku tak pantas suporter Serbia

Pertandingan grup C Piala Eropa 2024 Serbia lawan Inggris. (ANTARA/Dasri/Nurul)

Jakarta (ANTARA) - Badan sepak bola Eropa atau UEFA meluncurkan penyelidikan disipliner terhadap Asosiasi Sepak Bola Serbia (FSS) atas dugaan perilaku tidak pantas yang dilakukan suporter Serbia setelah pertandingan Euro 2024 negara itu melawan Inggris.

"Tuduhan terhadap FSS termasuk melempar benda dan menyebarkan pesan provokatif yang tidak pantas untuk acara olahraga," kata UEFA dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP di Jakarta, Selasa.

Badan Kontrol, Etika dan Disiplin UEFA (CEDB) akan memutuskan masalah tersebut pada waktunya, tambahnya.

Sementara itu, pihak Kosovo dan Serbia saling mengajukan keluhan kepada UEFA pada pertandingan yang sama. Serbia menyatakan, seorang jurnalis Kosovo diduga membuat tanda nasionalis Albania, sementara Federasi Sepak Bola Kosovo (FFK) mengeluhkan apa yang disebutnya “pesan rasis” dari penggemar Serbia.

Pendukung Serbia mengibarkan "bendera, slogan dan nyanyian... dengan pesan politik, chauvinistik dan rasis terhadap Kosovo," kata pernyataan FFK.

"Penyampaian pesan-pesan seperti itu tanpa hambatan... di acara besar seperti Euro 2024 tidak masuk akal dan tidak masuk akal,” katanya lagi.

FFK menyerukan tindakan disipliner yang ketat terhadap rekannya di Serbia, dan menyebutnya sebagai “pelanggar berulang”.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UEFA selidiki dugaan perilaku tidak pantas suporter Serbia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024