Penerima beasiswa LPDP dongkrak literasi anak di daerah 3T di Indonesia

id lpdp,lembaga pengelola dana pendidikan,literasi,daerah 3 t,tertinggal terdepan terluar,beasiswa lpdp

Penerima beasiswa LPDP dongkrak literasi anak di daerah 3T di Indonesia

Peserta beasiswa LPDP PK-23 "Gemintang Aksara" menggelar kegiatan peningkatan literasi siswa di SDN 01 Ancol, Jakarta, Kamis (27/6/2024). ANTARA/Dokumentasi pribadi

Jakarta (ANTARA) - Peserta Persiapan Keberangkatan (PK) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Ke-233 atau PK-233 menggelar proyek sosial peningkatan kesadaran literasi anak dan remaja di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Ketua Divisi Proyek Sosial PK-233 Stefhanie Chitra mengatakan dalam proses penentuan proyek sosial didasarkan pada kebutuhan riil generasi muda Indonesia sehingga penerima beasiswa LPDP PK-233 dengan nama angkatan "Gemintang Aksara" dapat berkontribusi secara nyata.

Dalam kegiatan tersebut, tambahnya, melalui keterangan di Jakarta, Kamis, juga memprioritaskan pelaksanaan donasi buku ke daerah 3T agar pusat kegiatan sosial tidak lagi terkonsentrasi di Pulau Jawa.

"Program yang dilakukan ini merupakan langkah kecil untuk turut serta meningkatkan kesadaran literasi anak dan remaja Indonesia," katanya.

Melalui inisiatif ini, PK-233 berharap dapat meningkatkan literasi membaca terutama bagi anak dan kesadaran akan bahaya Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) melalui ranah digital khususnya bagi remaja Indonesia, sebagai langkah awal dalam perjalanan untuk membawa perubahan positif bagi tanah air.

Proyek sosial ini didasari atas masih rendahnya tingkat literasi di Indonesia dan untuk itu, Gemintang Aksara mendonasikan 440 buku ke daerah 3T yang disalurkan melalui tiga komunitas yaitu "Bagi Buku NTT" di Kabupaten Sumba, NTT; "Kammaimo Sikola" di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan; dan "Komunitas Konservasi Indonesia Warsi" di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penerima beasiswa LPDP tingkatkan literasi anak di daerah 3T